Banjarbaru, Kota yang Disepuh Kilaunya Intan dan Taman

31 Desember, 2015 at 1:43 am Tinggalkan komentar


lomba blog wisata kalsel Sebagai destinasi Wisata Kalsel, Kota Banjarbaru bisa dibilang sebagai kota yang tidak beruntung dibandingkan daerah lain di Kalsel. Bagi para pecinta (pe) gunung (an), pantai dan air terjun, Banjarbaru tidak menyajikan hal tersebut. Kecuali anda ingin melihat langsung proses pendulangan intan secara tradisional atau ingin mengetahui lokasi sejarah penemuan intan yang beratnya 166,75 karat – oleh Presiden Soekarno kemudian diberi nama intan Trisakti – maka datang saja ke Banjarbaru.

Untuk menuju lokasi wisata pendulangan intan Cempaka bisa menggunakan transportasi darat yang berjarak 7 Km dari pusat Kota Banjarbaru. Untuk terminal angkutan umum jurusan Cempaka berada di simpang empat Banjarbaru. Bilang saja ke sopir angkot turun di pendulangan intan Desa Pumpung. Jangan takut bertanya agar tidak tersesat di jalan.

Warga Desa Pumpung, Cempaka adalah masyarakat yang ramah, jadi jangan khawatir untuk sekadar bertanya atau menyapa mereka. Dengan kesantunan, tentu saja.

Mengenai akses jalan, setahun belakangan ini (2015), Pemerintah Kota Banjarbaru telah melakukan pembenahan, khususnya akses jalan umum agar mudah dilewati baik roda dua maupun empat.

Pendulangan Intan Cempaka

Foto: tanahair.kompas.com

Pariwisata Berbasis Industri

Dengan menjadikan pendulangan intan Cempaka sebagai Destinasi wisata Kalsel, saya berharap Pemko Banjarbaru dapat mengalokasikan dana yang cukup dan menerapkan pengelolaan pariwisata berbasis industri. Tidak saja untuk pendulangan intan, namun beberapa lokasi wisata lain yang belum mendapat perhatian. Poin pentingnya adalah meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Strategi ini tentunya akan sejalan seperti yang disampaikan Deputi Pengembangan Pasar Wisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Eko Astuti, bahwa pariwisata pada dasarnya bersifat jasa dan ramah lingkungan. Semakin dilestarikan semakin menguntungkan.

Selain pengelolaan dan pembinaan, penataan lokasi juga diperlukan agar aktivitas pendulangan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Bagaimanapun, pendulangan intan Cempaka adalah aset Banjarbaru dan memerlukan tata kelola yang baik.

Seperti fenomena batu akik yang kemudian menumbuhkan pasar-pasar batu di Cempaka harus dijaga keberlangsungannya. Jasa penginapan di Cempaka perlu diupayakan agar wisatawan bisa merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat sekitar.

Aktifitas berkesenian juga perlu didorong dan difasilitasi sebagai sarana penunjang pariwisata itu sendiri. Satu hal yang tak kalah penting, keramahan dan kesantunan warga terhadap wisatawan adalah ujung tombak keberlangsungan pariwisata itu sendiri.

Dengan kata lain, sebuah destinasi wisata memerlukan kearifan lokal, mampu memberikan garansi keramahan kepada para wisatawan. Perilaku negatif seperti menaikan harga dagangan di luar kewajaran misalnya, patut dihindari.

Warung Wadai 41, Jajanan khas Banjar

Warung 41 Cempaka, Banjarbaru

Foto: menubanjar.blogspot.co.id

Wadai, begitulah masyarakat Banjar dengan bahasa ibunya untuk menyebut kue. Sepulang dari pendulangan intan belum lengkap jika tak singgah ke warung 41. Wadai yang dijajakan adalah penganan yang biasanya disuguhkan dalam acara seperti perkawinan oleh keturunan bangsawan masyarakat Banjar.

Untungnya, untuk mencicipi sekian jenis wadai tersebut tak harus menunggu gelaran acara tersebut. Sejak tahun 80-an sudah ada warung wadai 41 di Banjarbaru.

Harga dijamin murah. Lokasinya + 1 Km dari pintu gerbang Desa Pumpung.

Terbang Ke Banjarbaru Bersama Garuda Indonesia

Garuda Indonesia

Foto: beritatrans.com

Di mana itu Kota Banjarbaru? Jawabannya sederhana. Naik saja Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan turun di Bandar Udara Syamsudin Noor. Kenapa Garuda Indonesia?

Salah satu faktor penting sektor pariwisata adalah adanya dukungan transportasi udara yang memadai. Garuda Indonesia memiliki komitmen tersebut sejak lama. Terbukti tahun 2013 lalu, Garuda Indonesia mengadakan 26 pesawat baru, dan terus bertambah di tahun berikutnya.

Dengan jumlah pesawat yang memadai, akses menuju destinasi wisata di Indonesia akan semakin mudah. Apalagi selama ini Garuda Indonesia selalu mengedepankan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang, jadi tak perlu takut terbang bersama Garuda Indonesia.

Kembali ke Banjarbaru. Saat mendarat bersama Garuda Indonesia, untuk menuju pusat kota Banjarbaru memerlukan waktu berkisar ±15 menit perjalanan darat. Kalau Anda memilih menggunakan jasa angkutan taxi bandara maka kisaran ongkos Rp.100.000 menuju pusat kota. Untuk tempat penginapan, di dekat Bandara Syamsudin Noor maupun di pusat kota juga banyak tersedia.

Selain Cempaka, Sebenarnya masih banyak tempat layak kunjung seperti Museum Lambung Mangkurat, Danau Seran, Taman Van Der Pielj, Mingguraya, Taman Air Mancur, Lapangan Murdjani, dan masih banyak lagi lainnya.

Selamat datang di Banjarbaru. Kota yang konon dibanggakan para sastrawannya sebagai kota di dalam taman. Tak percaya, buktikan saja! []

Iklan

Entry filed under: Esai. Tags: , , , .

Sekarang Sibuk Jual Akik

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Kesalahan: Twitter tidak merespons. Tunggulah beberapa menit dan perbarui halaman.

Statistik:

  • 288,134 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: