Blogger Nusantara Semoga Bukan Sekadar Wacana

7 Oktober, 2011 at 6:59 pm 3 komentar


Blogger Nusantara merupakan sebuah paguyuban blogger, begitu informasi yang saya baca di halaman resmi bloggernusantara.com. Namun di balik itu, penggunaan idiom blogger nusantara tentunya memiliki maksud dan tujuan. Kenapa harus Nusantara?

Nusantara mengingatkan saya kepada  sumpah patih Gadjah Mada yang dikenal dengan sumpah palapa. Dalam sumpah itu, jika diterjemahkan secara bebas, artinya Gajah Mada baru akan menikmati palapa atau rempah-rempah yang maknanya sebagai kenikmatan duniawi setelah berhasil menaklukkan Nusantara.

Konteks Sumpah Palapa memang tidak relevan jika mengaitkannya dengan blogger nusantara. Tidak ada penaklukkan di sini. Saya justru melihat sebuah semangat yang luar biasa, sebuah harapan dengan adanya event blogger nusantara ini, maka blogger di nusantara dapat bersatu dan saling menghargai sesuai konsep negara kepulauan.

Semangat itu saya rasakan tatkala membaca halaman about me bloggernusantara.com. Di sana ada menyebutkan sesuatu yang bersifat sentralistik. Blogger Nusantara tentunya tak menginginkan hal itu terjadi. Karena ketika menyebut Indonesia, atau mengatakan Nusantara, maka Indonesia ini bukan sekadar Jakarta. Tanpa pulau-pulau lain, saya yakin, Jakarta pun bukan apa-apa.

Semangat di balik Blogger Nusantara tentunya saya pribadi mengharap bukan menjadi sekadar wacana demi keberlangsungan sebuah event yang mengatasnamakan blogger. Tapi jauh dari itu, adanya kesadaran utuh bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta.  Saya akan menunggu sepak terjang blogger nusantara sampai kapan pun untuk membuktikan bahwa blogger nusantara yang saya pahami, tak jauh berbeda pemahamannya dengan bloggernusantara.com

Dan akhirnya, Blogger Nusantara itu adalah Blogpreneur Indonesia. Jika Blogger Nusantara adalah pemaknaan identitas wilayah Indonesia, maka saya menganggap Blogpreneur Indonesia adalah tujuan yang sebenarnya event Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Pemahaman ini saya dapatkan ketika mempelajari agenda yang akan dilaksanakan Blogger Nusantara. Semuanya mengarah kepada tujuan agar blogger memiliki jiwa entrepeneur dalam aktifitas ngeblognya. Sedikit saya coba mengkaji blogpreneur itu apa, baca menjadi blogpreneur itu.

Akhirnya, saya berharap, semoga konsep blogger nusantara bukan menjadi sekadar wacana, tapi perwujudan makna bahwa Indonesia itu tidak boleh sentralistik. Jika ini yang menjadi semangat, maka (Insya Allah) Blogger Nusantara akan menjadi identitas yang kokoh di mata Blogger Indonesia. Salam Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. Saya akan datang!

Entry filed under: Ulasan. Tags: , .

Tips Memasang Widget Alexa di WordPress Gratisan Backlink Berkualitas Gratis dari W3 Directory

3 Komentar Add your own

  • 1. Lowongan Kerja  |  8 Oktober, 2011 pukul 5:53 am

    hidup blogger nusantara

    Balas
  • 2. yulianbjm  |  8 Oktober, 2011 pukul 2:56 pm

    saya akan ikut…

    Balas
  • 3. baburinix  |  10 Oktober, 2011 pukul 9:54 am

    mendukung Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

    semoga sukses acaranya.

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 283,231 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

