Menjadi Blogpreneur itu…

2 Oktober, 2011 at 12:29 pm 3 komentar


Menjadi blogreneur itu bagaimana sih? Mudah atau susah? Pertanyaan tadi juga sedang melanda diri saya saat ini. Terlebih, ada beberapa tulisan saya tentang blogpreneur, apalagi saya juga berencana menghadiri agenda Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia. saya khawatir jangan-jangan saya tidak memahami apa yang sudah saya tulis sendiri. Bukankah menulis sesuatu yang tidak kita pahami adalah sebuah kepalsuan?

Beberapa hari ini saya melakukan perenungan. Siapkah saya menjadi seorang blogpreneur? Persiapan apa saja yang harus saya lakukan untuk menjadi seorang blogpreneur?

Akhirnya, dalam perjalanan mencari jawaban – hanya beberapa hal yang bisa saya pahami. Itu pun terbatas.  Ketika blogger masuk ke dalam ranah entrepeneur, maka beberapa hal yang harus dipahami bahwa seorang entrepeneur tidak cukup hanya bermodal semangat saja. Beberapa skill yang akan saya tulis berikut ini adalah sesuatu yang sederhana dan menyesuaikan kondisi dan semangat seorang blogger:

Rajin Update Tulisan

Update tulisan penting dalam dunia blogger. Itu menunjukkan bahwa kita serius dalam mengelola blog. Kalau kita sendiri saja tidak menganggap bahwa blog itu serius, bagaimana mungkin meminta orang lain untuk menghargai blog dengan keseriusan tingkat tinggi pula.

Rajin update tulisan juga bagian jurus SEO. Belajar SEO termudah bisa dimulai dari sini. Apakah saya akan menyia-nyiakan begitu saja spider google ketika merambahi blog saya? Seharusnya tidak.  Kedatangan spider google untuk mengindeks blog ini harus disambut gembira dengan memberitahukan bahwa blog saya selalu siap memberikan informasi-informasi baru, bukan hoax, apalagi sekadar copy paste. Saya akan menuliskan sesuatu yang fresh, bermanfaat dan semoga itu tidak membuat orang lain bosan.

Postingan yang memberikan rasa nyaman

Rasa nyaman itu tak bisa dinilai dengan harga. Banyak orang di dunia ini mau mengeluarkan banyak biaya hanya demi rasa nyaman. Dalam blog, rasa nyaman itu sebaiknya juga diberikan. Agar mereka tidak sekali saja datang, tapi berkali-kali bahkan mengingat alamat blog kita. Saya heran ketika seorang teman, dengan begitu hapalnya menyebut nama blog seseorang. Setelah saya pelajari, ternyata teman saya itu mendapatkan rasa nyaman.

Rasa nyaman bisa diberikan dengan banyak cara. Kalau itu tulisan, tulislah dengan baik, dengan huruf dan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti. Jika tulisan itu berupa tutorial, sampaikan dengan gamblang disertai alat peraga berupa gambar. Jika itu sebentuk curahan hati (curhat), jadikanlah curhat itu menjadi cerminan bagi orang lain agar dapat ikut menyikapinya dengan baik. Dan masih banyak lagi rasa nyaman lainnya yang bisa kita berikan lewat blog.

Jawablah komentar

Jujur, saya sering mengabaikan hal ini. Banyak komentar yang tak terbalas. Tapi sebagai serang blogpreneur, harusnya itu tidak dilakukan. Menjawab komentar selain juga memberikan rasa nyaman, juga sebuah kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung blog. Dari interaksi itu kita bisa saling membangun kepercayaan bahkan saling mengenal dengan baik. Anggaplah ini serupa layanan. Blogger yang memberikan layanan dengan baik, tentunya sangatlah menyenangkan.

Kita Tidak Sama dengan Orang Lain 

Tidak sama di sini adalah, kecepatan koneksi internetnya. Banyak orang berkeinginan membuat blognya indah bahkan asri. Lalu dibuatlah bermacam-macam gambar, menaburkan pernak-pernik widget, mengecat blog dengan gambar-gambar yang indah. Memang, fungsi blog tidak saja untuk mengendapkan tulisan. Tapi sebaiknya ada tolak ukur untuk membuat blog itu menjadi indah. Gambar yang terlalu besar dan sangat banyak, widget yang macam-macam, akan mengurangi kecepatan loading blog. Tentu saja itu akan mengurangi rasa nyaman ketika pengunjung akan mendatangi blog kita.

Berbagi dan Selalu Berbagi

Setiap kali orang menggunakan mesin pencari, berarti ia sedang mencari sesuatu. Tidak semua apa yang dicari orang bisa kita berikan. Tulislah apa-apa yang memang kita pahami dan mengerti. Itu lebih baik daripada berusaha memberikan semua informasi namun tak kita pahami. Akhirnya, tak ada kejelasan bahkan sekadarnya saja dan tidak memberikan kepuasan. Banyak sekali orang hanya dengan tujuan ingin mendapatkan trafik melakukan hal ini. Bagi saya, tetaplah itu tidak menguntungkan. Bangunlah sebuah blog dengan kredibilitas dan profesionalitas. Ketika ada pertanyaan tentang apa yang kita tulis, maka dengan mudah kita memberikan jawaban bahkan bantuan. Itu bisa terjadi karena kita menulis sesuatu yang memang kita pahami.

Itulah sedikit hal tengan blogpreneur yang saya pahami. Bisa saja pemahaman itu salah, dan tentunya anda bisa membenarkan atau menambahkan kekurangannya. Salam blogger.

Entry filed under: Ulasan. Tags: , .

Perahu Mini Nabi Nuh untuk Hadapi Tsunami Info Kontes SEO Raja Kamar Deadline 9 November 2011

3 Komentar Add your own

  • […] jiwa entrepeneur dalam aktifitas ngeblognya. Sedikit saya coba mengkaji blogpreneur itu apa, baca menjadi blogpreneur […]

    Balas
  • 2. Rita  |  11 Oktober, 2011 pukul 11:10 pm

    mas, aku kan baru bikin blo. trus tak daftarin ke adsense. tapi ditolak 2x dgn alasan yg gak disebutin. what should i do? thanks in advance…:D

    Balas
    • 3. hariesaja  |  12 Oktober, 2011 pukul 5:04 pm

      @Rita: Kalau baru bikin blog, sebaiknya jgn langsung di daftarin ke adsense, sabar dulu aja sampai banyak postingan sudah terindeks oleh google. Tapi kalau blognya di wordpress gratisan, memang gak bs adsense, kecuali blogspot.

      Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,195 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

