KTP Elektronik Sudah Mulai di Banjarbaru

27 September, 2011 at 6:15 pm 4 komentar


e-ktp dalam Blogger Nusantara Blogpreneur IndonesiaHai, kawan! Hari ini saya mengurus KTP elektronik di Banjarbaru, tepatnya di kecamatan Banjarbaru Selatan. KTP elektronik familiar disebut juga dengan istilah e-KTP.

Awalnya saya pikir saya akan segera memiliki KTP elektronik tersebut. Ternyata tidak, kehadiran saya di kecamatan hanya untuk memperlengkapi database dan KTP elektroniknya – pihak kecamatan pun tidak tahu kapan akan jadi alias selesai.

Pertama-tama, identitas saya di KTP manual dieja ulang untuk memastikan apakah isinya sudah benar semua. Barulah acara foto-foto. Setelah itu saya diminta untuk membubuhkan sidik jari elektronik. Bukan manual dengan tinta kek pemilu loh. Pertama-tama empat jari tangan kanan, lalu kiri. Dilanjutkan dengan ibu jari kanan, kiri dan keduanya. Setelah itu, giliran jari telunjuknya saja. Kanan dan kiri juga, bergantian. Selesai itu barulah membuat tanda tangan elektronik.

Pembuatan KTP elektronik ternyata tidak sampai disitu saja prosesnya. Saya tidak tahu apa nama alatnya, tapi alat itu berfungsi untuk merekam lensa mata saya. Keren juga, kenapa tidak dari dulu-dulu saja metode semacam ini diterapkan.

Selesai urusan mata, saya diminta kembali tanda tangan elektronik. Dipikir-pikir, ribet juga ya. Apa sekali saja tidak cukup?

Nah, setelah itu blangko undangan dari pihak kecamatan diberi stempel menandakan bahwa saya telah selesai mengurus KTP elektronik. Lah, KTPnya mana nih?

Nanti katanya, berkoordinasi dengan Bapak RT.

Kapan itu?

Belum tahu, jawab pihak kecamatan.

Saya bengong selama perjalanan pulang. Saya pikir, karena elektronik, urusannya bisa selesai saat itu juga. Saya pun beranggapan kenapa disebut KTP elektronik, mungkin proses pengurusannya, semacam tanda tangan, cap jempol dan lain-lain menggunakan elektronik. Tapi bukan berarti langsung jadi loh.

Itu saja dulu cerita saya tentang KTP elektronik yang mulai diterapkan pemerintah Indonesia. Semoga tidak sia-sia. Baca tulisan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia juga ya kawan, dan jangan lupa beri komentar.

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Entry filed under: Ulasan. Tags: .

Kemarau Blogger Blogpreneur, Bukti Gara-Gara SEO Trafik Naik

4 Komentar Add your own

  • 1. Ananda Rumi  |  27 September, 2011 pukul 6:30 pm

    kakurang labih haja lih sakalinya lawan nang kada elektronik. Entahlah. Apakah itu sesuatu yang katanya dipermudah atau malah tambah ribet.

    Balas
  • […] berita-berita kejadian di seputar kita. Seperti kebakaran, tabrakan, atau kegiatan-sosialisasi KTP Elektronik, atau kegiatan-kegiatan yang disitu siapa saja boleh hadir. Tinggal jepret dengan kamera HP, catat […]

    Balas
    • 3. Zacky  |  18 Januari, 2014 pukul 11:16 am

      E.KTP masyarakat makin sulit mendapatkan atau memiliki KTP, sehingga masyarakat kedepan akan semakin sulit mendapatkan Hak Politiknya sebagi penduduk / warga negara. kenapa demikian krn masyarakat tidak punya E.KTP sehingga pasti tidak mendapatkan pelayanan dalam segala hal

      Balas
  • 4. waloetz  |  3 November, 2011 pukul 6:29 pm

    makasih infonya…
    salam kenal, blogger banua!
    Waloetz

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 283,231 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

