Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)?

29 Mei, 2011 at 12:23 am 11 komentar


Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional FLS2NAkhir-akhir ini Dinas Pendidikan di setiap tempat tampaknya sedang sibuk mempersiapkan agenda Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN). Kesibukan ini tentunya juga dirasakan pihak-pihak sekolah yang mengikutsertakan anak didiknya untuk berkompetisi. Tak kalah sibuknya lagi adalah si anak didik yang harus giat berlatih agar meraih kemenangan. Menang artinya mewakili Kalsel untuk berkompetisi di ajang FLS2N tingkat nasional pada 19–25 Juni mendatang di Makassar, Sulawesi Selatan.   

Jika FLS2N kita anggap penting, keberhasilannya ditingkat nasional nanti adalah sebuah prestasi yang layak dibanggakan, maka persiapan apa yang sudah dilakukan baik dinas pendidikan atau pihak sekolah terhadap anak didiknya masing-masing?

Tahun lalu, saya menanyakan kepada salah seorang guru pembimbing salah seorang siswi pemenang Lomba Cipta Cerpen tingkat provinsi untuk SMP. Bersama siswinya itu mereka berangkat ke Surabaya untuk mewakili Kalsel. Hasilnya memang mengecewakan, siswi tersebut harus mengakui kehebatan para pelajar yang datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti lomba Cipta Cerpen. Tapi dari balik kekecewaan itu tentunya ada hikmah yang bisa kita petik. Kita bisa bertanya, siapa pemenangnya, bagaimana dia berlatih hingga bisa menang di tingkat nasional, persiapan apa saja untuk menghadapi FLS2N?

Guru pembimbing siswi tadi sebenarnya sudah mencari jawab pertanyaan di atas. Figur pemenang Lomba Cipta Cerpen FLS2N tingkat SMP di Surabaya tahun lalu bisa dibilang beruntung. Ia memunyai seorang kakak yang profesinya memang sebagai penulis cerpen.  Setiap hari kakaknya itu mengajarkan caranya menulis cerpen. Untungnya lagi, adiknya itu memang memiliki minat yang tinggi dalam menghasilkan karya cerpen. Klop sudah. Meski demikian, saya yakin sebuah kemenangan tidak bisa hanya mengandalkan faktor keberuntungan saja seperti yang tersebut di atas, tapi juga karena faktor latihan dan disiplin menulis yang kuat tentunya.

Dalam kesempatan lain saya kemudian bertemu kembali dengan guru pembimbing tadi. Saya kemudian teringat dengan apa yang pernah saya ucapkan sendiri. “Jika ingin memiliki harapan besar untuk menang di tingkat Nasional, maka jauh-jauh hari siapkan anak didik Anda.” Hal konyol apabila baru mempersiapkannya saat FLS2N akan berlangsung. Pun jika bisa menang di tingkat kabupaten/kota dan Provinsi, tapi saya tidak yakin di tingkat Nasional. Namun kenyataannya memang demikian, anak didik selalu ditugaskan mengolah cerpen terbaik mereka dalam waktu relatif singkat. Jujur, saya nyinyir melihat kenyataan ini. Waktu tibanya seleksi FLS2N cukup panjang, setahun sekali. Tapi selalu saja ada yang sibuk mencari pembimbing untuk anak didiknya di detik-detik terakhir.

Sekali lagi, jika FLS2N teramatlah penting, keberhasilan ditingkat nasional adalah sebuah prestasi yang layak dibanggakan, bisa mengharumkan nama sekolah dan mewangikan nama daerah, maka sudah saatnya Dinas Pendidikan dimana pun berada agar bekerjasama dengan pihak sekolah untuk lebih mengintensifkan kegiatan-kegiatan yang dilombakan dalam FLS2N di masing-masing sekolah. Itu pun jika FLS2N memang penting. Selamat berlomba ditingkat Nasional!

Iklan

Entry filed under: Esai, Ulasan, Umum. Tags: , , .

Print On Demand, Menerbitkan Buku Semakin Mudah Blog Komunitas Blogger Kayuh Baimbai Sudah Online

11 Komentar Add your own

  • 1. Amd  |  31 Mei, 2011 pukul 10:10 am

    Eh, dua tahun lalu saya ikutan jadi guru pendamping….

    Balas
  • 2. Evira  |  31 Mei, 2011 pukul 3:44 pm

    moga FLS2N kontingen kalsel tahun ini lebih baik dari tahun lalu.. Kalo tahun lalu cabang puisi tidak ada yang membina

    Balas
  • 3. mirnayuniarti  |  4 Juni, 2011 pukul 4:02 pm

    mohon naskah cerpen yang juara ditampilkan supaya kami bisa memperbaiki kekurangan di masa yang akan datang

    Balas
  • 4. hariesaja  |  9 Juni, 2011 pukul 11:38 am

    @ mirnayuniarti: Naskah pemenang mungkin ada di pihak dinas penyelenggara…dan masalahnya peserta mengerjakannya dengan tulis tangan…

    Balas
  • 5. raisaa  |  11 Juni, 2011 pukul 2:46 pm

    saya ikut lombanya besok tgl 19-25 juni di mkassar nya ..
    mohon doanya ..

    Balas
  • 6. elzam  |  12 Juni, 2011 pukul 3:39 pm

    mdh2n saja juri2 di makassar nanti profesional……

    Balas
  • 7. Anonim  |  23 Juni, 2011 pukul 9:48 pm

    KAPAN YA PENGUMUMAN YANG UNTUK SD..CIPTA PUISI, CIPTA LAGU, DAN LUKIS BATIK….TAHUN 2009 LALU SAYA CUKUP BERSYUKUR YANG LUAR BIASA..ANAK DIDIK SAYA BERHASIL JUARA I NASIONAL CIPTA PUISI DI ISTANA BOGOR, TAHUN 208 JUARA HARAPN DI BANDUNG…TH 2010 JUGA JUARA DI BALI…SEMOGA KEBERUNTUNGAN JUGA TERJADI DI 2011 INI…TAK HANYA SETAHUN MELATIH..TAPI SEJAK 2008…DOAKAN…KARENA DOA MELEBIHI SEGALANYA

    Balas
  • 8. baburinix  |  26 Juni, 2011 pukul 12:09 am

    urang kita kalsel nang juara 1 nya ya klo? hehehehehe….mantap jua pang guru pendamping malamnya…ckikikikik….

    Balas
    • 9. Anonim  |  26 Juni, 2011 pukul 8:55 am

      ia. .
      adim namanya

      Balas
  • 10. Maissi  |  31 Oktober, 2011 pukul 7:29 pm

    Alhamdulillah, lomba menulis cerpen di Makassar kmrn sy dpt jwr 3.

    Balas
  • 11. fahmy rinanda s  |  20 Maret, 2012 pukul 12:36 pm

    saya tahun 2010 ikutan lomba seni drama di semaranggg

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,167 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: