Tips Mencari Ide Menulis (Buat Ayan)

20 April, 2010 at 3:02 am 1 komentar


Hei, Ayan. Gak usah muji saya dan menjelekkan diri sendiri. Ni komennya si Ayan.

Ulun tau!! Ulun ini ngga punya pengetahuan yang banya…k
Tapi pian yang banyak ilmunya…wkwkw
langsung aja…
lajari pang membuat ide-ide menulis yang baik…???wkwkw
ulun ni kada tapi bisa membuat kata…
idenya banyak ja pangkkkk…..heee.. trims..
jawabakan lah…okeee…ekekekkekek…Silakan lihat…

Langsung saja, mari kita mencari Ide. Jangan lupa bawa karung, karena terlalu banyak ide di luar sana yang bisa kita bawa pulang lalu dijadikan tulisan. Intinya, untuk mendapatkan ide dibutuhkan ‘kesadaran’. Sadar kalau semua yang kita lihat, dengar dan rasakan itu ternyata bisa menjadi bahan tulisan. Jangan suka berpikir repot, menganggap bahwa hal-hal bernas saja yang layak ditulis.

Contoh, saat ini lagi ramai makelar kasus atau priok berdarah. Jika kita beranggapan hal-hal demikian saja yang bisa dijadikan ide tulisan, suatu saat kita akan capek sendiri. Banyak peristiwa di sekitar kita justru luput dari perhatian. Soal bernas atau tidak, itu bukan soal. Yang menjadi soal adalah, disiplin dalam menulis. Permasalahannya lagi, pada waktu kita menemui sebuah peristiwa besar, dan kita menganggap itu bagus untuk ditulis, belum tentu kita berhasil menjadikannya sebuah tulisan yang menarik.

Ide menarik belum tentu tulisan yang kita hasilkan menarik pula. Sebaliknya, Ide sederhana belum tentu hasilnya juga sederhana. Secara teknis, menulis adalah sebuah keahlian layaknya pembuat mandau. (Wes…bawa-bawa mandau segala).  Seseorang boleh mendapatkan bahan mandau yang oke punya, tapi belum tentu mandau yang dihasilkan juga oke. Bahan itu nomor dua, yang pertama adalah keterampilan yang teruji. Sering berlatih menulis sama saja mengasah keterampilan kita. Paksa terus, dari satu kata menjadi kalimat. Dari kalimat menjadi anak kalimat dan seterusnya. Suatu saat, dengan menekankan cara di atas, dengan sendirinya menulis itu menjadi sebuah kebiasaan. Kalau sudah terbiasa, otomatis dong kita ingin terus menulis. Kalau sudah begitu, apa pun bisa kita tulis.

Banyak sekali ide yang bisa kita dapatkan jika kita mendisiplinkan diri untuk gemar menulis. Mendengar orang bicara saja, itu bisa dijadikan bahan tulisan. Contohnya para wartawan, kalau tidak ada orang ngomong, bagaimana bisa mendapatkan berita. Contoh lain lagi adalah melalui proses melihat. Dengan melihat sesuatu, mengamatinya, itu pun bisa muncul ide yang dapat dijadikan tulisan.

Terakhir, jangan berpikir dan beranggapan sesuatu itu sudah biasa. Akh, biasa saja. Rancak aku melihat, rancak aku mandangar. Sikap seperti itu akan menimbulkan diri kita menjadi tidak teliti. Kalau kita teliti, meskipun setiap hari di jalan raya  banyak sepeda motor lalu lalang, coba perhatikan, pasti ada yang berbeda dan juga ada yang tidak biasa. Bukankah itu juga bisa dijadikan ide?

Soal pengalaman dan pengetahuan memang akan berpengaruh dengan hasil tulisan. Tapi sesungguhnya, pengetahuan dan pengalaman itu sebenarnya karena kita mau belajar, disiplin, berlatih dan nantinya terakumulasi menjadi sesuatu yang bernama pengetahuan dan pengalaman tadi. Sederhana, bukan?

Iklan

Entry filed under: Tips Menulis. Tags: , .

Palui Main Sinetron Lomba Karikatur Berantas Korupsi, Habibie Center

1 Komentar Add your own

  • 1. Ayan  |  20 April, 2010 pukul 6:42 pm

    Tank kayu… wkwk…
    Saran dari kakak ketua betul2 mantap…
    Jadi intinya belajar tarus ya kalo…
    jangan putus asa…. sedikit demi sedikit menjadi bukit….
    Rasanya…
    New Q ?:
    Otak ne jadi keras kalau berpikir untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan? sebenarnya kenapa sih hal tersebut bisa terjadi? malah2…. bikin kepala pening…? tankhs atas tanggapannya??

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 288,134 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: