Palui Main Sinetron

19 April, 2010 at 1:49 am 4 komentar


palui

Sinetron Si Palui cilik yang merupakan produksi lokal rencananya akan dilaunching 1 Mei di Duta TV. Produksi ini merupakan sinetron lokal masyarakat Banjarmasin.

Rencananya Sinetron Si Palui Cilik ini akan dibuat 10 episode dengan menggunakan Bahasa Banjar campur Bahasa Indonesia. (http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/41986/sinetron-si-palui-cilik-dilaunching-mei)

Mengangkat Palui ke dalam sinetron merupakan kerja kreatif. Orang banjar tentu mengenal tokoh Palui. Kalau ada jargon belum ke Jakarta kalau tak singgah ke Monas, mungkin dalam kasus Palui ini bisa dijargonkan juga. Bukan orang Banjar kalau tak tahu kisah Palui. Hehehe…sarah buhan pian ja dah

Dari tulisan ke Tontonan

Jikalau tak salah, sejarah Palui pertama kali ditulis oleh salah seorang pendiri harian Banjarmasin Post, Yustan Azidin. Lambat laun, kisah Palui bisa dikatakan telah menjadi icon untuk harian tersebut. Bukan BPost kalau tak ada cerita si Palui. Nah, jika kemudin si Palui masuk dalam program televisi, akankah nasib Palui bisa sama?

Banyak sudah kasus cerita-cerita dalam tulisan diangkat menjadi bahan tontonan. Peran imajinasi ketika membaca sebuah cerita sangatlah penting. Berbeda dalam menonton, justru imajinasi kadang terkalahkan.  Bukan bermaksud meragukan cerita Palui yang akan ada di sinetron, tapi semoga saja karakter penokohan Palui beserta tokoh lainnya tetap seperti adanya dalam tulisan.

Apa yang Bisa diberikan Sinetron Palui Kepada Kita?

Beberapa penikmat cerita Palui pernah membandingkan antara Palui yang dulu dan sekarang. Cita rasa dalam ceritanya beda, katanya. Tapi saya harus maklum dengan kenyataan tersebut. Bukankah cerita Palui yang ada sekarang ditulis oleh orang yang berbeda? Sangat sulit jika cerita Palui harus mengikuti gaya penulisan Yustan Azidin.  Bagaimanapun, masing-masing penulis memiliki ciri khasnya sendiri. Menurut saya, itulah dilema Palui ketika menghadapi para ‘dalang’.

Terlepas siapa yang menulis cerita Palui sekarang, setidaknya karakter Palui harus tetap terjaga. Apalagi ketika mewujud ke dalam sinetron. Siapakah yang pantas memerankan tokoh Palui? Di sinilah pertaruhan nyata berhasil atau tidaknya si Palui dalam sinetron. Jika diperankan oleh orang yang tepat, dijamin Palui seakan-akan memiliki roh untuk  hidup di tengah-tengah masyarakat Banjar. Sebaliknya, atau hanya menjadi guyonan ‘latah’ belaka. Semoga saja tidak. Semoga saja Palui bisa menjadi aktualisasi orang banjar yang banjar beneran. Gimana sih orang Banjar itu? Penasaran pengen liat Palui di sinetron! Selamat.

Iklan

Entry filed under: Esai. Tags: , , , , , , .

Jika Besar Nanti, Lihatlah Photo Ini Tips Mencari Ide Menulis (Buat Ayan)

4 Komentar Add your own

  • 1. nia  |  19 April, 2010 pukul 8:55 am

    menunggu tanggal 1 mei 🙂

    Balas
  • 2. Syams Ideris  |  20 April, 2010 pukul 1:54 am

    Haahh..! Palui hndk main sinetron??? sip banar tu. Mun kaya itu bila dah tayang ku tunggui tu pang acaranya…hehehe

    Balas
  • 3. syafwan  |  22 April, 2010 pukul 8:06 am

    waduh, ketinggalan cashting

    Balas
  • 4. Asad Nackagpktujum'hapakiorrank  |  13 Maret, 2014 pukul 1:31 pm

    Ngarep

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 289,229 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: