Kopdar Episode IV dan lain-lain

24 Juli, 2008 at 1:37 pm 13 komentar


19 Juli 2008 kemarin, Kopdar Komunitas blogger Kalsel episode IV dilaksanakan di kota Banjarbaru. Mengenai penting atau tidak kopdar itu sendiri akan saya tanggapi secara pribadi bahwa itu semua tergantung tujuan masing-masing. Adakah masing-masing membawa tujuannya?

Bagi mereka yang ingin bergabung, tentu saja Kopdar itu penting. Karena syarat bergabung, adalah mengikuti kopdar. Kecuali beberapa hal yang tidak memungkinkan seperti, jarak lokasi kopdar berjauhan dengan tempat tinggal, atau memang ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, maka kopdar tidak wajib. Maka, mereka tetap bisa menjadi anggota komunitas blogger Kalsel Kayuh Baimbai, dengan catatan di referensikan oleh anggotanya, minimal 3 orang.

Lantas, apa pentingnya kopdar bagi mereka yang sudah sering mengikuti kegiatan ini? Ada beberapa hal yang bagi saya terlalu cepat memvonis apabila kopdar yang selama ini dilakukan tidak penting. Apalagi menggunakan alasan, tidak ingin ikut kopdar karena tujuannya hanya untuk ‘beramian’. Itu tidak benar. Tapi bagi yang menganggapnya demikian, itu juga tidak salah. Karena, setiap kali kopdar, ‘beramian’ itu selalu ada. Tapi alangkah membosankan jika kopdar itu identik dengan serius.

Kopdar Episode IV kemarin, tetap ‘beramian’ tapi juga ada hal-hal serius yang juga dibicarakan. Apa perlu saya utarakan sekarang juga?

Saat ini, blogger yang domisilinya di Banjarbaru akan menyiapkan workshop ngeblog. Persiapan itu meliputi, menentukan tempat pelaksanaan yang didukung fasilitas internet. Untuk satu agenda ini saja, sebenarnya bukan perkara mudah. Mengingat, di antara blogger semua, tidak memiliki fasilitas untuk melaksanakan worskhop tersebut. Artinya butuh kerjasama pihak lain. Tentu saja, masalah ini tidak layak dipikirkan sendirian, apalagi mengatasnamakan komunitas. Maka di kopdar episode IV kemarin, masalah itu dibicarakan, dan nyatanya, ada beberapa alternatif yang bisa dilaksanakan. Nah, kira-kira, penting tidak kopdar itu?

Mengenai blog komunitas, yang rencananya akan segera launching ternyata memiliki beberapa hambatan teknis. Pertama, ada beberapa anggota yang belum melengkapi persyaratan, dan parahnya, salah satu anggota itu adalah saya. Memang, blog komunitas tidak mengijinkan anggotanya sebagai anonim. Artinya, data-data yang diberikan harus valid dan disertai dengan photo asli. Bukan doraemon, bunga mawar, atau rumah banjar. Jika tidak berkenan, maaf, komunitas juga tidak memaksa Anda untuk bergabung. itu menunjukan, komunitas ini serius. Kira-kira, siapa yang tidak serius?

Itu baru soal data, belum pelaksanaan launchingnya. Tapi, blog komunitas saat ini sudah bisa diakses, semoga aman dan lancar-lancar saja. Alamatnya di www.kayuhbaimbai.com. Saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada salah seorang anggota (saya yakin namanya tidak ingin disebut), atas inisiatifnya kini komunitas bisa memiliki blog yang representatif. Meski demikian, itu belum maksimal, setidaknya itu yang saya tangkap ketika ngobrol dengan si empunya inisiatif.

Soal logo komunitas, ini juga dibicarakan. Mengenai ‘panasnya’diskusi mengenai logo tidak saya utarakan di sini. Biarlah itu diketahui oleh mereka yang ikut kopdar saja. Tapi, komunitas kini sudah punya logo. Sekali lagi, ini juga berkat respon yang cepat dari salah seorang anggota komunitas. Terimakasih. Terimakasih. Terimakasih.

Pada kesempatan kopdar episode IV kali itu, tema yang dibicarakan juga mengenai tawaran-tawaran pihak luar untuk turut serta membantu komunitas. Memang, jika ingin sederhana, saat ini pun komunitas sudah
cukup lumayan. Tapi jika ingin berkembang lebih baik, justru tidak baik jika bersikap cuek dengan tawaran tersebut. Maaf, dalam jenis dan bentuk apa tawaran itu, sekali lagi, tidak saya sampaikan di sini. Karena, masih dalam proses pemikiran. Bagi pihak-pihak yang telah berbaik hati ingin membantu komunitas ini, percayalah, komunitas bukan ‘diam’ tapi sedang berkoordinasi antar sesama anggota lainnya.

Berikut adalah dokumentasi gambar Kopdar episode IV, 19 Juli 2008 di Banjarbaru yang diikuti kurang lebih 25 peserta dari berbagai belahan dunia. Tapi maaf, photo kopdar di lapangan Murjani menyusul.

Kopdar episode 4 di Banjarbaru

Kopdar episode 4 di Banjarbaru

Entry filed under: Umum. Tags: , , , , , , .

Kopdar Blogger Kalsel Episode IV, di Banjarbaru Lomba Nulis Esai, deadline 29 Agustus 2008

13 Komentar Add your own

  • 1. Pakacil  |  24 Juli, 2008 pukul 2:25 pm

    …alangkah membosankan jika kopdar itu identik dengan serius…

    ya, lebih baik ikut sidang kabinet. Tapi jelas tak akan diajak serta🙂
    substansi serius, tapi caranya bisa saja nyantai dan ga serius blass..

    Tetap semangat Om…

    Balas
  • 2. annmolly  |  24 Juli, 2008 pukul 2:25 pm

    foto terakhir. dari empat orang itu siapa yang beruntung mendapatkan hadiah?

    Balas
  • 3. Ari  |  24 Juli, 2008 pukul 4:46 pm

    heHeHe… bagus juga..SERSAN = serius tapi santai… kalau mau rame lagi tiap kopdar adakan acara panjat pinang, makan kerupuk, domino, lomba joged, karaoke… pasti menyenangkan..apa lagi ditambah dengan makan-makan gratis..tis..tis.. heheheh… jadi otak bisa mencair… tanpa stress apa lagi biaya berobat mahal .. benar kata pakacil “jangan cari duit hanya untuk beli obat/berobat”😀 … akhir kata… SEP-SEP !!

    Balas
  • 4. ManusiaSuper  |  24 Juli, 2008 pukul 5:30 pm

    Hadir!

    Balas
  • 5. SHALEH  |  24 Juli, 2008 pukul 6:06 pm

    Kayanya dari foto terakhir. 4 orang laki2 yang beruntung dapat hadiah adalah yang pake sweater putih. wkakakk

    Balas
  • 6. angga  |  24 Juli, 2008 pukul 6:12 pm

    loh..loh.. foto kopdarnya kok terang arinya.,, kirain kopdar malem minggunya jam 7 (abis emailnya jm 7 siee…) huuuaaaa.. huaaaaa…..

    Balas
  • 7. syafwan  |  24 Juli, 2008 pukul 7:45 pm

    wahai dingsanak sabarataan, tulungi pang urang nang hanyar masuk kumunitas nih, kada paham lalu mamain akan wordpress. sasiapa haja nang bisi tuturial kirim akan pang supaya batambah jua ilmu ulun sadikit, tarima kasih banyak. assalamualaikum warahmatullohi wabarkatuh

    Balas
  • 8. annmolly  |  24 Juli, 2008 pukul 9:22 pm

    @Syafwan
    Blajar ama mansup dulu sidin harat meulah kategori & bikin header jd mesum.
    *kabuur*

    Balas
  • 9. Amed  |  25 Juli, 2008 pukul 3:08 pm

    *gedubrak ngeliat komen annmolly:mrgreen: *

    Balas
  • 10. tambal BAN  |  25 Juli, 2008 pukul 9:51 pm

    yang tidak hadir jangan berharap ada potonya…hehe…(nah…tamasuk saya jua)

    Balas
  • 11. ManusiaSuper  |  25 Juli, 2008 pukul 10:46 pm

    Balas
  • 12. f heris  |  26 Juli, 2008 pukul 1:07 pm

    Wah …… banyak ketinggalan nih ….. gimana caranya gabung………

    Balas
  • 13. qori  |  1 Agustus, 2008 pukul 7:02 am

    yah isinya orang tua semua….pasti pembicaraan nya tentang masalah kedewasaan,wehehehehe…

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 283,231 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

%d blogger menyukai ini: