Sisi Lain dari Final Telkom Speedy Competition

11 Juni, 2008 at 3:23 am 21 komentar


final telkom speedy competitionSetelah beberapa hari tidak posting dan kebetulan di banua Kalsel baru saja ada momen yang berharga untuk dicatat, yakni tentang final telkom speedy competition (8 Juni 2008). Maka ijinkan saya ikut nyemplung dari sudut yang berbeda dan berusaha tetap mengikuti kedalaman arus catatan yang sudah diposting oleh teman-teman blogger Kalsel tentang kegiatan tersebut. Istilahnya, esensi tulisan ini bukan pada ajang final telkom speedy competition tetapi sekadar timbal balik yang saya rasakan dengan adanya kegiatan tersebut. Doakan saja saya tidak panik apalagi sampai tenggelam karena sudah menjadi kebiasaan tiap kali ingin berenang saya tidak pernah sedia pelampung. Apabila ada air yang cipratannya mengenai teman-teman, percayalah itu tak bisa dihindarkan. Bukankah kita sudah sama-sama berenang?

Seandainya Telkom Speedy Competition itu tidak ada, maka saya tidak punya alasan untuk menghubungi Amed, Mansup dan Pakacil. Barangkali Sapri dan Bintang Motor juga tidak punya alasan datang ke rumah saya untuk merencanakan soal keberangkatan ke acara final tersebut. Demikian halnya Shaleh dan Mia, akhirnya punya alasan untuk mengirim SMS. Dengan kata lain, Telkom Speedy Competition telah menjadi alasan kita untuk tetap saling berhubungan antara satu dengan yang lain.

Semua proses itu saya analogikan seperti aktifitas pada sebuah blog. Bukankah mereka yang tadi saya sebutkan namanya adalah pengguna blog? Saya menganggap Telkom Speedy Competition adalah blog itu sendiri. Mereka yang berkompeten dengan kegiatan tersebut dengan sendirinya akan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. Jika sebelumnya saya tak pernah saling ketemu dengan bungarembulan, aqsani taqwiem, anomali, bob, inas, ari, erwin (sekadar menyebut beberapa nama) lantas karena sama-sama ngeblog (baca: hadir dalam final telkom speedy competition), akhirnya saya bisa bertemu dengan mereka.

Orang bijak bilang, setiap pertemuan pastilah ada perpisahan. hehehe..! Ada satu pertanyaan buat teman-teman semua yang hadir pada saat itu, adakah pertemuan itu meninggalkan kesan seperti tatkala teman-teman berkunjung dari blog satu ke blog yang lain dan meninggalkan jejak di buku-buku tamu, kotak pesan, bahkan hingga bersedia menambahkan namanya ke dalam daftar blogroll agar suatu saat Anda bisa dengan mudah mengunjunginya lagi? Ini sama halnya teman-teman mencatat alamat, nomor HP, dan berharap suatu saat akan saling bertemu kembali.

Bukan masalah apakah Telkom Speedy Competition itu akan dilaksanakan lagi atau tidak. Tapi substansinya bahwa ternyata blogger Kalsel itu memang ada. Tidak hanya satu orang atau dua orang tapi berpuluh-puluh orang dengan latar belakang masing-masing. Itu bukti bahwa tenyata di Kalsel ini kita tidak sedang sendirian dan juga tidak dibungkam oleh kesepian. Barangkali masalahnya kita sedang larut menikmati kesepian itu lalu melampiaskannya pada senja, duduk di atas pasir dan menatap kapal yang karam dengan perasaan yang muram. Lantas diam-diam mengatakan, “aku kesepian!”

Kita tidak sedang sendirian. Banyak hal yang bisa kita bagi sesuai dengan keahlian kita masing-masing. Jika Bintang Motor ahli dalam menambal ban, maka Mansup dan Amed ahli dalam cas cis cus bahasa Inggris. Demikian halnya Arsyad Indradi, ia seniman tari dan juga penyair kawakan di Kalsel ini. Kalau ingin belajar bikin web, bisa belajar ke Pakacil. Jika ingin membuat antena dari kaleng, saya pikir Pajrin tidak keberatan mengajarkannya kepada kita. Jika selama bermain-main dengan kaleng dan jarimu terluka, masih ada teman kita si Yetty, mintalah saran bagaimana merawat lukamu itu kepadanya. Kalau kamu penyuka game online dan ingin tahu seluk beluknya, ada mas Wawan yang selalu nongkrong di Dolphin, tampaknya ia sudah cukup dikatakan sebagai senior. Siapa lagi ya? Tenang, masih ada lagi kok. Jika kamu ingin menekuni bidang jurnalistik, kamu bisa menghubungi Sandi Firly dan bagi yang ingin berbagi dengan dunia pendidikan, ada Zulfaisal Putera. Mungkin yang belum bisa dijadikan rujukan adalah bagaimana seandainya kita sedang patah hati, kemana kita harus mengadu? hehehe…Maaf, beberapa nama di atas hanya sekadar ingin menyebutkan saja bahwa kita tidak sedang sendirian. Masih banyak lagi teman-teman yang bisa diajak berbagi tentang hal-hal yang tidak bisa kita mengerti.

Sekarang, setelah kita saling tahu satu dengan yang lain. Ternyata ada blogger di Kotabaru sana, bahkan hingga sampai ke Marabahan, apa yang bisa kita lakukan saat ini? Hal yang paling sederhana adalah tetap menjaga tali silaturahmi, sekalipun itu hanya di blog saja. Saya ingat ketika Shaleh mengirimkan SMS sebagai alasan ia ngacir duluan setelah diumumkan sebagai pemenang blog posting terbaik. Maaf, seingat saya saja. Ia bilang begini, “Mas, maaf. Saya pulang duluan. Rasanya badan ini sudah letih. Sampai jumpa lagi di dunia maya.”

Yah, perpisahan hari itu tentunya akan kembali dilanjutkan meski lewat dunia maya sambil menunggu kesempatan bertemu kembali di dunia nyata. Dan saya yakin itulah salah satu cara agar hubungan kita bisa tetap terjaga meski dalam kondisi, ruang dan waktu yang berbeda. Sampai bertemu lagi teman-teman. Selamat kepada mereka yang telah menjadi pemenang dalam Telkom Speedy Competition kali ini dan tentunya menang atau kalah bukan masalah sebenarnya. Tapi bagaimana tanpa harus ada lomba, ngeblog tetap berjalan seperti biasa. Sebelum saya sudahi tulisan ini, jika ingin tahu bagaimana pendapat saya tentang menang dan kalah, ada tiga hal yang saya yakini. Maaf, jika tidak berkenan.
Kemenangan adalah obat dari kekalahan di waktu-waktu sebelumnya dan kekalahan adalah tempat menuju obat itu sedang berada.
Sebenarnya setiap orang selalu mendapati kemenangan hanya saja ia tidak mengetahui kedatangannya.
Tampaknya, tidak ada orang yang selalu kalah, seperti halnya tidak ada orang yang selalu menang.

Link nama-nama yang ada di dalam tulisan di atas:

Amed
Mansup
Pakacil
Bungarembulan
Ahsani taqwiem
Anomali

Erwin
Bob
Inas
Ari
Bintang Motor
Sapri
Yetty
Arsyad Indradi
Pajrin
Sandi Firly
Wawan
Zulfaisal Putera
Shaleh

* Bagi yang belum mendapatkan informasi para pemenang, silakan download di sini, atau selengkapnya kunjungi blog Telkom Speedy Competition.

* Ini buat yang belum punya ebook Novel the_da_vinci_code. Download di Ziddu.

Entry filed under: Esai. Tags: , , , , , , , , , .

satu sajak cinta untuk mantan pacar Apa yang membedakan antara J.K Rowling dengan saya?

21 Komentar Add your own

  • 1. SHALEH  |  11 Juni, 2008 pukul 6:35 am

    Wahhh… ada tulisan smsKu juga ternyata jadi malu…
    Ya… menang dan kalah itu biasa yang penting kita bisa berbagi dan saling kenal yang awalnya tidak kenal.

    kata hariesaja:
    malu atau malu nih..?

    Balas
  • 2. annmolly  |  11 Juni, 2008 pukul 7:14 am

    mas hari di pwtech nantangi kopdar jer. dilawani kah?

    kata hariesaja:
    Nantang??? asal tujuannya tidak untuk berkelahi sih oke-oke saja. Di hotel mana?

    Balas
  • 3. pakacil  |  11 Juni, 2008 pukul 7:51 am

    yup.. you’re not alone kalau kata Om Jacko dalam lagunya.
    Event ini hanya sebuah pintu yg banyak lorong di belakangnya.
    😀 mie…. mie… mie…. kutagih…😀

    kata hariesaja:
    Aq pikir pian kada pinandu wan photo saurang. Beh, ditagihnya am…

    Balas
  • 4. ManusiaSuper  |  11 Juni, 2008 pukul 10:37 am

    Kopdar ayooo!!! Tapi jangan minggu ini, kawan lagi tebantai nah..

    kata hariesaja:
    tebantaikah, membantaikah..?

    Balas
  • 5. sapri MK  |  12 Juni, 2008 pukul 1:19 am

    hmmm…..banyak juga tuh pesertanya…..dimana kita yang biasanya jarang posting, begitu di adakan lomba saat itu, ada rasa yang mendorong untuk bikin posting lagi hehehehe…..makasih coy..
    kopdar jangan minggu ini ya di komplek kita kan ada acara mantenan…..hiburan dikit lah…

    Balas
  • 6. emkaha  |  12 Juni, 2008 pukul 3:01 am

    Salam sukse buat mas Hari dkk blogger kalsel

    Balas
  • 7. ahsani taqwiem  |  12 Juni, 2008 pukul 11:17 am

    kopdar lagi kah tapi peraturannya :YANG MENANG KEMARIN YANG BAYAR N NGEHANDEL SEMUANYA,,, GIMANA? wakakakakakakakakaka🙂

    baaahhh, di awal salah menulis nama ulun nah, ihiks….
    yang mesti di ingat: kita harus lanjutkan tali silaturrahmi ini
    jabat erat dan tabik!

    Balas
  • 8. yetty  |  12 Juni, 2008 pukul 12:45 pm

    Maaf ya semuanya eke ga bisa datang. Lagi jaga siang drumah skt T_T fun ya?

    Balas
  • 9. Ari pwtech  |  12 Juni, 2008 pukul 2:23 pm

    Oii..mas harie..talalu lah blog ku kada di add di blogroll nya..heheheh (begaya), kayak apa nih rencana kami ada kumpul2 …mohon pencerahan nya ??

    Balas
  • 10. Qori  |  12 Juni, 2008 pukul 3:24 pm

    aku kalah nah,maka mawakili pesantrenku yg ngarannya pp alfalah putra bjb,maka aku baharap manang sakalinya kalah,hiihiihii

    Balas
  • 11. Qori  |  12 Juni, 2008 pukul 3:26 pm

    ulun malihatay pian,handak mangur wan batakun masalah blog tp rasanya gimana gitu?

    Balas
  • 12. gusti  |  12 Juni, 2008 pukul 4:52 pm

    Selamat sore all blogger…

    kenalin aq gusti (EO Speedy Competition). sebelumnya aq atas nama temen2 EO ngucapin terima kasih atas support dan partisipasinya selama event ini juga terima kasih atas kritik dan sarannya.

    event ini baru di Kalimantan Selatan bahkan mungkin di Kalimantan, jadi bila ada kekurangan mohon maklum karena ini adalah pengalaman pertama, kami berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Bahkan kami meminta bantuan, saran dan support dari temen2 blogger sebelum acara ini dilaksanakan. Tapi dengan pengalaman ini kami yakin akan bisa melaksanakan acara serupa dengan lebih baik lagi di lain kesempatan.

    Untuk masalah hadiah, bagi temen2 yang domisili jauh sehingga kesulitan untuk mengambil hadiah, mohon segera konfirmasi nomer telepon dan data lainnya termasuk rekening sehingga saya bisa kordinasi atau menghubungi saudara dan menyerahkan hadiah tersebut dengan cara yang disepakati kedua belah pihak..

    jadi untuk temen2 yang perlu informasi seputar speedy competition kemaren bisa hubungi saya di nomer 0819 511 9411 (Gusti) atau 0511-3270457, 3270895.

    untuk temen2 yang lain, mohon saran dan kritiknya mengenai event kemaren via email: gusti_media_adv@yahoo.co.uk

    bagi pihak yang merasa dirugikan, mohon segera menginformasikan pada kami agar ada solusi yang jelas dan menguntungkan semua pihak baik via email atau telepon..

    maaf mas Harie, blognya mas jadi kayak tempat press release.. hehehe..

    terima kasih, salam buat keluarga..

    btw, jgn lupa mampir ke blog aq.. hehe.. promosi… makasih mas harie…!!!!!!!!!!

    Balas
  • 13. mia  |  13 Juni, 2008 pukul 10:02 am

    rie, this competition made me awful n messy. i think we gonna design the right condition for a competition – no sexy girls, ga ribut, ga pengap,ga sempit-saking sempitnya jadi dikit ‘sikut-sikutan’ ma blogger sebelah, ada cemilan, ada aer minum, ada kenang-kenangannya /suvenir buat finalis gitu loh, inget waktu shalat, en…. selamat buat yang menang ya.

    Balas
  • 14. dani  |  13 Juni, 2008 pukul 10:51 am

    selamat utk yg menang..🙂
    mas harie menangkap aura pertemuan itu dgn manis..

    Balas
  • 15. pajrin  |  13 Juni, 2008 pukul 7:23 pm

    wah………aja jua acaranya..ada 3 hal yang ingin saya akui dalam acara tsb
    1. unda kira mas harie neh gondrong urang nya, sekalinya kada..hahaha
    2. Pakacil asalnya tu di kira urang tuha..hahahaha( maaf bos wekwkewke)
    3. Ternyata klo mau ikutan lomba, mesti siap2 banyak senjata..hahahahaaha

    Balas
  • 16. Pakacil  |  14 Juni, 2008 pukul 1:31 am

    @ Pajrin
    whuaaa?!? auk dikira tuha?!?
    umur boleh kepala 3, tapi kelakukan masih belasan
    hihihi….

    Balas
  • 17. Anis  |  15 Juni, 2008 pukul 2:39 pm

    Ikutan lomba blog lagi yuk.. Kali ini tingkat Nasional, diselenggarakan Telkom Flexi. Infonya bisa dibaca di
    http://kuncoro.wordpress.com/2008/06/11/lomba-blog-flexiland/

    Balas
  • 18. iNyoMacBuk  |  16 Juni, 2008 pukul 6:49 am

    Walah … ada tukang absen neh… FYI, di Kotabaru blogger’s nya dah banyak, cuman masih blon pernah kopdar. Untuk sekolah-sekolah di sono aja, sekarang dah pada main di Multiply. Hal ini caused by dinas pendidikan nya ngeblog di sono, tepatnya di http://www.kotabaruedu.multiply.com .So, yang lain mau ga mau yah pada register. Skalian nyebar virus ngenet dan sebuah tujuan mulya. Menjembatani kesenjangan informasi di Kotabaru yang terdiri dari beberapa pulau yang berjauhan.

    Maju terus blogger!

    Balas
  • 19. iNyoMacBuk  |  16 Juni, 2008 pukul 10:02 am

    Mau terus blogger Kalsel. Di Kotabaru dah banyak tuh bloggernya, cuma blon sempet kopdar ajah.

    Balas
  • 20. Dolphin  |  17 Juni, 2008 pukul 12:28 am

    Kagem @Gusti :

    Kalau Sisi Lain dari Final Telkom Speedy Competition saya kecewa sekali di game nya….., ampun DJ, masa game pakai komputer yang amat sangat darurat, skill jadi gak guna… Malu banget udah ngajak temen-teman dari Jogya meramaikan Game DOTA nya, Jauh-jauh naik pesawat ke Duta Mall. Semoga kalau ada even lagi bisa lebih sip lagi, yang dibawa kan nama Kal-Sel harusnya lebih prof. Iya enggak Bro ?

    Balas
  • […] di Kalsel ada lomba Blog yang berlangsung di sebuah Mall dengan pasokan listriknya terbatas… Event ini ternyata SANGAT menguras energi dan pikiran, sekaligus melelahkan… Tapi di tengah segala […]

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 283,231 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

%d blogger menyukai ini: