Anda serius ingin menulis novel?

23 Mei, 2008 at 1:52 pm 22 komentar


Ada informasi menarik bagi penulis novel atau pun yang lagi ingin menuliskannya sekarang ini. Ternyata Majelis Kata Indonesia sedang membuka beasiswa penulisan & penerjemahan novel 2008. Siapa tahu Anda orang yang sedang dicari-cari, punya bakat tapi masih dipendam-pendam, mungkin tak tak ada salahnya mengikuti program beasiswa tersebut. Dari segi kenyamanan dalam proses menulis tentu dengan mendapatkan beasiswa tersebut lebih terjamin. Baiklah, info ini saya dapatkan dari blognya Binhad Nurrohmat. Kalau Anda sabar, silakan klik saja blognya Binhad, tapi kalau tidak, maka inilah hasil copy-paste tentang informasi tersebut:

Majelis Kata Indonesia merupakan lembaga filantropi yang berikhtiar menumbuhkan dan mewadahi bentuk-bentuk penciptaan sastra yang menggerakkan kritisisme sosial, semangat toleransi, dan kesadaran kebangsaan. Lembaga ini mendorong dan mendukung bentuk-bentuk penciptaan sastra yang memperluas cakrawala memahami kemanusiaan.
Majelis Kata Indonesia menyelenggarakan beasiswa penulisan dan penerjemahan novel 2008 dengan ketentuan-ketentuan ini:

  1. Gagasan penulisan dan penerjemahan novel yang menggerakkan kritisisme sosial, semangat toleransi, dan kesadaran kebangsaan dengan topik apa pun dan tanpa batasan jumlah halaman.
  2. Penerima beasiswa penulisan novel diberi dana setiap bulan sebesar Rp 1.000.000,- selama 6 bulan. Masa penulisan novel selama 6 bulan.
  3. Penerima beasiswa penerjemahan novel diberi dana setiap bulan sebesar Rp 1.000.000,- selama 6 bulan dan setiap hasil terjemahannya dihargai sesuai harga pasar. Masa penerjemahan novel selama 6 bulan.
  4. Penerima beasiswa penulisan novel bisa mendapatkan data atau konsultan yang relevan dari penyelenggara beasiswa.
  5. Novel penerima beasiswa akan diterbitkan oleh penyelenggara beasiswa dengan royalti sebesar 10% dari setiap kontrak penerbitannya. Penerima beasiswa penulisan novel berhak menawarkan novelnya ke penerbit lain setelah 4 tahun sejak penerbitannya yang pertama.
  6. Novel terjemahan penerima beasiswa akan diterbitkan oleh penyelenggara beasiswa tanpa royalti dari setiap penerbitannya. Penerima beasiswa penerjemahan novel berhak menawarkan novel terjemahannya ke penerbit lain setelah 4 tahun sejak penerbitannya yang pertama.
  7. Pelamar beasiswa mengirimkan 3 rangkap sinopsis novel yang akan ditulis atau 3 rangkap sinopsis novel yang akan diterjemahkan disertai judul novel, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, dan fotokopi sampul depan. Pelamar beasiswa penulisan dan penerjemahan novel menyertakan fotokopi bukti identitas yang masih berlaku, nomor telepon, alamat pos, alamat e-mail, dan biodata singkat. Alamat penyelenggara beasiswa ini: MAJELIS KATA INDONESIA 2008, Pusat Studi Islam dan Kenegaraan, Jl. Gatot Subroto Kav. 96-97, Mampang, Jakarta 12700
  8. Gelombang pertama beasiswa ini menerima surat lamaran hingga 1 Agustus 2008 (cap pos). Pelamar gelombang pertama yang disetujui akan dihubungi via telepon atau e-mail oleh penyelenggara beasiswa pada Minggu kedua September 2008. Penyelenggara beasiswa tidak mengembalikan dokumen para pelamar.
  9. Sinopsis penulisan novel dan sinopsis novel yang akan diterjemahkan akan diseleksi dan dinilai oleh tim kurator penyelenggara beasiswa. Semua keputusan tim kurator tidak untuk diganggu gugat.
  10. Demi profesionalitas, setiap penerima beasiswa akan menandatangi surat kontrak penulisan novel atau penerjemahan novel.
Iklan

Entry filed under: InfoKegiatan. Tags: , , , , .

Maaf, Indonesia tidak sedang baik-baik saja Ada apa di sekolah?

22 Komentar Add your own

  • 1. agusnoorfiles  |  23 Mei, 2008 pukul 3:18 pm

    lagi jalan-jalan dari laman ke laman..kesasar di blog-indonesia.com… dan ketemu postinganmu terbaru ini… Bagaimana kegiatan kreatifmu?

    Balas
  • 2. kips  |  23 Mei, 2008 pukul 4:29 pm

    kabar baik nih, sayang waktu dan keahliannya belum sampai he..

    Balas
  • 3. herismo  |  24 Mei, 2008 pukul 12:33 pm

    salam. aku baru belajar bikin blog euy.

    Balas
  • 4. herismo  |  24 Mei, 2008 pukul 12:42 pm

    halo bung. kayapa cafebook sampeyan?
    sudah siap. drawing aku masih belum diambil ya.
    herismo.wordpress.com

    Balas
  • 5. Rindu  |  24 Mei, 2008 pukul 2:22 pm

    Duh, saya pengen ikutan nih… gimana caranya yah?

    Balas
  • 6. mina  |  25 Mei, 2008 pukul 4:02 am

    oiya saya juga sudah baca tentang ini di MP-nya Ferry. yang saya heran, itu copyright-nya gimana? kalo kita memang, masak kita langsung terjemahkan saja, gitu?

    Balas
  • 7. risna wahyuni  |  25 Mei, 2008 pukul 4:20 am

    saya pelajar..
    saya sedang membuat ovel dengan judul CUBBY CLUB IS FORVER GAK YA>>>
    rencana akan di buat menjadi 7 buku…
    tolong informasikan pda saya jika ada gelombang ke 2.
    adirga_community@yahoo.co.id

    Balas
  • 8. creativesimo  |  25 Mei, 2008 pukul 5:15 am

    Maksudnya dikasih beasiswa itu untuk apa? Maksudnya apakah untuk mencari bahan penulisan dan bebas dimana saja dan boleh curang (maksudnya ngelariin tu duit untuk hal lain-lain?). 🙂

    Balas
  • 9. Ratih Kumala  |  25 Mei, 2008 pukul 5:26 am

    Buat Mina: pertanyaan Mina sama dengan saya. Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan Binhad, dan menanyakan perihal copyright untuk naskah terjemahan. Katanya, untuk yang satu ini, serahkan kepada penerbit, mereka yang akan mengurus segala sesuatu tentang ini dengan penulis aseli/penerbit yang bersangkutan.

    Balas
  • 10. tomson panjaitan  |  27 Mei, 2008 pukul 9:34 am

    saya guru dan suka buat novel sudah ada 20 cerpen saya yang terbit saya mau ikutan gimana caranya yah?

    Balas
  • 11. tomson panjaitan  |  27 Mei, 2008 pukul 9:41 am

    saya guru dan suka buat novel sudah ada 20 cerpen saya yang terbit saya mau ikutan gimana caranya yah? info tlg ke 081361435803

    Balas
  • 12. garda_hijau  |  28 Mei, 2008 pukul 2:58 am

    Sangat ribet dan tak ada jaminan kepastian hukum.

    Balas
  • 13. abi  |  6 Juli, 2008 pukul 12:59 am

    wah menarik yah, saya pingin ikutan ni, tapi bisa gak yah? takutnya nanti pas pada proses penulisannya tiba-tiba mogok, soalnya belum pernah menulisa kreatif selain puisi.

    Balas
  • 14. lia  |  15 Agustus, 2008 pukul 12:59 pm

    gelombang keduanya kapan yah

    Balas
  • 15. harlockwords  |  5 November, 2008 pukul 10:47 am

    salam kenal
    please visit my site
    need advise

    Balas
  • 16. yuni anggraeni  |  26 November, 2008 pukul 6:02 pm

    Gimana caranya buat daftar jadi penerima beasiswa itu?

    Balas
  • 17. angga  |  21 Desember, 2008 pukul 3:40 pm

    bagaimana cara daftarnya

    Balas
  • 18. Sisy  |  2 Januari, 2009 pukul 11:59 pm

    Q jga pngen bnget ikutan.Kbri q ya kl da brita trbru dan kl da gel 2.

    Di
    cessy_Girl92@yahoo.Com

    Balas
  • 19. Youzhmie Yusuf  |  13 Juni, 2009 pukul 7:21 pm

    waduh….sayang sekali..saya baru liat sekarang..tp itu berita untuk tahun lalu…humpf…bukan rejeki kali ya??

    Balas
  • 20. Ree  |  13 November, 2009 pukul 12:51 pm

    gimana nich cara detailnya. .??tlg dbls pntng.

    Balas
  • 21. Pandita Zagat Maya  |  28 Oktober, 2010 pukul 6:06 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Saya ingin sekali ikut lomba-lomba cerpen atau puisi tapi saya belum tahu masuk ke blog mana, mohon arahannya sekiranya sodaraku tahu.. terimakasih mudah2n bisa membantu! ^_^

    Balas
  • 22. dinda  |  19 Juli, 2013 pukul 10:14 pm

    saya pnya sbuah tulisan

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,195 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: