Blog Clinic & Blog Writing, Sebuah Tawaran untuk Panitia Telkom Speedy Competition

2 Mei, 2008 at 4:25 am 9 komentar


Bulan Juni 2008 nanti, jika tidak banyak perubahan, saya membayangkan acara final Telkom Speedy Competition yang rencana digelar di Duta Mall Banjarmasin bisa digunakan menjadi ajang pertemuan para blogger se Kalimantan Selatan.

Seandainya mungkin, ingin sekali saya menawarkan kepada pihak panitia untuk menambah kegiatan yang sifatnya membantu para blogger untuk mengetahui lebih banyak perkembangan dan fenomena blog itu sendiri.

Sebenarnya pikiran ini terlintas begitu saja ketika saya mengklik satu persatu tautan di halaman blog peserta Telkom Speedy Competition. Ada beberapa blog yang justru masih kosong, bahkan ada yang baru saja dibuat. Dalam beberapa hari memonitor blog-blog tersebut, hampir tidak terjadi perubahan. Halaman tersebut tetap kosong tanpa adanya penambahan tulisan-tulisan.

Jika blog itu sendiri sebagai media, kekuatan yang paling mendasar adalah terletak pada tulisan-tulisan yang diposting oleh si empunya blog. Maka tak ada artinya blog itu dibuat jika tidak diberdayakan sebagaimana mestinya. Maksudnya adalah, walau proses pembuatan blog itu sangat mudah bukan berarti seorang blogger tidak membutuhkan persiapan-persiapan lainnya. Inilah yang saya maksud untuk menawarkan sebuah acara yang dikemas dengan istilah dari blogger untuk blogger. Jika panitia memberikan lampu hijau, tentunya teman-teman komunitas blogger Kalsel bersedia untuk meramu acara yang dimaksud.

Memang dalam beberapa pertemuan antara saya dengan pihak panitia telah mendapat kejelasan bahwa dalam ajang final nanti juga akan diadakan kegiatan semacam itu. Istilahnya blog clinic. Jadi mereka yang berhadir memiliki kesempatan untuk belajar gratis tentang seluk beluk membuat blog. Saya senang sekali mendengar penjelasan itu. Artinya, bentuk kepedulian terhadap blogger Kalsel tidak hanya sebatas mengadakan kompetisi, tetapi juga menyediakan ruang bagi para blogger untuk saling berbagi ilmu pengetahuan. Tapi pertanyaannya adalah, apakah hanya dengan memberikan tips-tips membuat blog saja sudah cukup?

Kendala utama seseorang adalah bagaimana menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk tulisan. Jika ingin dipisahkan, blog adalah ruang dan tulisan adalah sesuatu yang memberikan ruh kehidupan pada ruang itu sendiri.

Blog Clinic cenderung bersifat teknis. Bagaimana seseorang belajar membuat blog, memasang atau mengganti banner, memasukkan photo-photo pribadi dan bagaimana cara mengirimkan tulisan. Akan lengkap sekali apabila Blog Clinic dipadukan dengan Blog Writing. Sehingga ada keharmonisan yang bisa saling menyeimbangkan dalam kehidupan blog itu sendiri.

Blog Clinic bukan berarti tidak penting. Bahkan itu adalah salah satu syarat bagi seseorang untuk memiliki blog. Bagaimana mungkin menampilkan tulisan jika membuat blog saja tidak bisa? Apalagi dalam kasus Telkom Speedy Competition yang salah satu syaratnya adalah memasang banner. Di postingan comment yang saya baca, di situ masih ada yang menanyakan apa itu banner dan bagaimana cara memasangnya? Di situlah fungsi Blog Clinic sebagai panduan teknis ngeblog.

Nah, bagaimana pendapat teman-teman sendiri mengenai Blog Writing? [ ]

Entry filed under: Umum. Tags: , , , , , , , , , , , , , .

Peduli ‘Hudan Nur’ Tips Gila dari Toko Buku: Penulis Lokal, So What Gitu Loh?

9 Komentar Add your own

  • 1. Pakacil  |  2 Mei, 2008 pukul 9:45 am

    apapun itu, kalau memang untuk kemajuan dan kebaikan. otreee…

    Balas
  • 2. asukowe  |  2 Mei, 2008 pukul 10:19 am

    Soal pendapat : No comment !

    Balas
  • 3. QORI  |  3 Mei, 2008 pukul 4:59 am

    SAYA dukung saran anda tadi.
    saya perlu bantuan utk belajar gimana caranya mendesain sebuah blog
    ,makasih dah tukeran links nya ya😉
    OH YA?saya mau nanya gimana caranya bikin link dihead blog kita,saya harap anda akan membantu saya?
    please kirim e-mail ke qori_reader@yahoo.co.id

    Balas
  • 4. QORI  |  3 Mei, 2008 pukul 5:01 am

    eh satu lagi :p gimana caranya nambah label di side bar blog yadi.maaf ya🙂

    Balas
  • 5. emkaha  |  3 Mei, 2008 pukul 6:50 am

    setuju.. Bulan Mei bulan kebangkitan Indonesia. kita jadikan bulan kebangkitan blogger kalimantan selatan.. Salam untuk semua Blogger Kalsel.
    Salam

    Balas
  • 6. shyintaxs  |  3 Mei, 2008 pukul 5:05 pm

    sudah mulai dibikin, tapi sepertinya perlu bimbingan untuk mempercantik layout, mengubah huruf, memasukan foto dan banyak lagi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ada banyak waktu kosong untuk bisa ngenet bareng…
    Alamat yang baru di banuakita.wordpress.com
    Sengaja dibikin banuakita karena rencana mo diisi ttg perkembangan, kesenian, wisata, dll di Kalsel, tak hanya di Banjarmasin…

    Balas
  • 7. pajrin n rina  |  3 Mei, 2008 pukul 11:13 pm

    wah, ini yang ditungg2. Tolong pian konfirmasi bujur2 lawan panitia. Mun hayalan ulun kurang labih sama aja lawan pian. Tapi ulun kada pank telalu memandang kompetisinya, cuma silaturrahminya. Jadi baiknya pas final peserta jua di undang semuanya (seberataan, jangan batinggalan). Jadi kaya SB2S jadinya alias South Borneo Blogger Summit.wkewkekwkewkekw. Mantap idenya. Ulun dukung dan doakan, Mudahan sukses selalu.

    Balas
  • 8. kang4roo  |  4 Mei, 2008 pukul 2:42 am

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    Balas
  • 9. SHALEH  |  4 Mei, 2008 pukul 8:44 am

    Setuju.. kayanya itu baik bagi kita semua untuk bisa saling berbagi.

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 283,231 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

%d blogger menyukai ini: