Kongres Cerpen V di Banjarmasin

3 November, 2007 at 2:17 pm 1 komentar


[sumber: http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=311719&kat_id=306%5D

Perhelatan para cerpenis, Kongres Cerpen Indonesia (KCI) V, berlangsung di Banjarmasin, 26-28 Oktober 2007. Acara pembukaan, 26 Oktober 2007, pukul 19.30, di Gedung Balairung Sari, Taman Budaya Kalsel, dimeriahkan pentas musik panting oleh Grup Kambar Kamanikan, tari Baksa Kembang oleh Grup Perpekindo, sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, pembacaan cerpen oleh Hamsad Rangkuti, dan orasi budaya oleh Ketua Dewan Kesenian Kalsel Madihin oleh Syakrani SAg. Dua hari berikutnya diisi diskusi, work shop penulisan cerpen, sidang pembentukan Komunitas Cerpenis Indonesia, pertunjukan baca cerpen, musikalisasi puisi, dan pergelaran sastra lisan Banjar Lamut. Para pembicara diskusi, antara lain Lan Fang, Korie Layun Rampan, Jamal T Suryanata, Agus Noor, Trianto Tiwikromo, Ahmadun Yosi Herfanda, Katrin Bandel, Saut Situmorang, dan Nirwan A Arsuka. Kongres akan ditutup Ahad malam, 28 Oktober, dengan pesta baca cerpen.

Peluncuran Buku Cerpen Samin

Buku kumpulan cerpen Samin karya Kuspriyanto Namma akan diluncurkan secara serentak di 14 kota di Indonesia pada Selasa, 30 Oktober 2007. Ke-14 kota tersebut adalah Surabaya, Probolinggo, Lamongan, Ponorogo, Ngawi, Surakarta, Kudus, Purworejo, Purbalingga, Cilacap, Yogyakarta, Cilacap, Serang, Jakarta, dan Jambi. Buku yang memuat 10 cerpen terbaik Kuspriyanto Namma yang ditulis 1996-2007 ini diterbitkan oleh Gerilya Peradaban dengan maksud untuk merenkonstrukis perlawanan kaum Samin terhadap penjajah.

Di Banten buku cerpen Samin akan diluncurkan oleh Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Banten, berkerja sama dengan Teater Anonimus, dan Jurnal Boemipoetra. Acara peluncuran akan berlangsung pada Selasa, 30 Oktober, pukul 13:00 WIB, di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Banten, Jl Saleh Baimin No 6 Serang. ”Acara peluncuran akan dimeriahkan pentas monolog dan pembacaan cerpen oleh Teater Anonimus,” kata Gito Waluyo, ketua KSI Banten.

Pentas Malam Jahanam

Sanggar Mentaya Estetika, pemenang festival teater sewilayah Kodya Jakarta Pusat 2007, akan mementaskan drama Malam Jahanam karya Motinggo Busye. Pementasan akan diadakan pada Minggu, 28 Oktober 2007, pukul 20.00 WIB, di Sanggar Baru Taman Ismail Marzuki (TIM). Berikutnya, Selasa, 30 Oktober 2007, pukul 20.00 WIB, pementasan akan diadakan di Gedung Mis Tjitjih, Jakarta.

Menurut Akhmad Sekhu, humas Sanggar Mentaya Estetika, pementasan ini disutradarai oleh Imam Ma’arif, dengan para pemain Idris Senopati (Mat Kontan), Ujang GB (Soleman), Miranti (Paijah), Ahmad Nur (Utay), dan Jaelani (Pak Pijat). Juga didukung Ahmad Nur (penata artistik), Iif Nada, Yogi KW, dan Jora (penata musik), Ipur Wangsa (penata cahaya), Jaelani (penata busana), Santoso Amin (penata rias), dan Satria (properti).

Pentas Seni-Sastra Bulan Bahasa 2007

Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober) Pusat Bahasa Depdiknas mengadakan Bulan Bahasa dan Sastra 2007 dengan berbagai acara menarik. Salah satunya adalah Pentas Seni dan Sastra. Menurut Ketua Pelaksana Pentas Seni dan Sastra, Dra Dad Murniah MHum, acara ini akan diisi beberapa kegiatan pementasan, seperti pentas baca puisi, baca cerpen, teater, musikalisasi puisi, dan tari modern.

Pentas Seni dan Sastra ini akan dilaksanakan di Pusat Bahasa Depdiknas, Jl Daksinapati Barat, Rawamangun, Jakarta, pada 5-7 November 2007, pukul 10.00-22.00 WIB. ”Pentas seni dan sastra ini diadakan sebagai wujud kepedulian dan komitmen Pusat Bahasa untuk mengembangkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap sastra,” kata Dad Murniah.

Bagi perorangan dan kelompok kesenian yang berminat tampil dalam acara ini dapat menghubungi Panitia di telepon 021-4706287 dan 4896558. Untuk teater, berdurasi pertunjukan 60 menit. Setiap kelompok teater akan diberi kesempatan tampil satu kali. Panitia menyediakan properti panggung yang standar, seperti kain latar panggung berwarna hitam, level, tata lampu, dan sound system.

(ayh )

Iklan

Entry filed under: Referensi. Tags: .

Kongres Cerpen Indonesia V; Terimakasih…terimakasih Dengarlah, Kakek Membaca Cerpen…

1 Komentar Add your own

  • 1. ADIYAT KURDI TYO  |  21 Desember, 2008 pukul 10:38 pm

    Kepada
    hariesaja.wordpress.com

    Berita ttg Pentas Malam Jahanam di Gedung Miss Tjitjih bukan disutradarai oleh Imam Ma’Arif tetapi oleh Adiyat KurdiTyo Samudra (Adityo). Imam M hanya mengaku-ngaku saja dgn didukung oleh A.Sekhu yg tidak tahu persoalan.

    Agar tidak terulang kesalahan informasi ttg karya cipta ,redaksi segera memperbaiki kesalahan data dan di cek kebenarannya !

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,784 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: