Kongres Cerpen Indonesia V; Terimakasih…terimakasih

3 November, 2007 at 2:13 pm 3 komentar


burhanudin soebly

sumber:

http://www.geocities.com/kci_v/terima_kasih.html (dikelola oleh Sainul Hermawan)

Kongres Cerpen Indonesia (KCI) V Banjarmasin, yang diselenggarakan pada 26 sampai 28 Oktober 2007 di lingkungan Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel) telah selesai melaksanakan agenda-agenda utama yaitu kongres cerpen, pelatihan penulisan cerpen untuk pelajar dan mahasiswa se-Kalsel, dan deklarasi Komunitas Cerpen Indonesia.

KCI V Banjarmasin dihadiri oleh 111 peserta dari Sumatera Barat, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

KCI V Banjarmasin telah mendiskusikan pemikiran-pemikiran Lan Fang, Jamal T. Suryanata, Agus Noor, Korrie Layun Rampan, Saut Situmorang, Trianto Triwikromo, Ahmadun Yosi Herfanda, dan Katrin Bandel mengenai cerpen Indonesia. Pemikiran tersebut sebagian besar dipublikasikan dalam Jurnal Cerpen Indonesia Edisi 08 berkat kerjasama yang baik antara panitia KCI V Banjarmasin dengan LK2AI Jogjakarta. Jurnal tersebut juga memuat pemikiran pemerhati cerpen Indonesia dari KCI I sampai KCI IV. Semoga buku tersebut memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan cerpen Indonesia.

Panitia KCI V juga telah melaksanakan workshop penulisan cerpen yang diikuti sebanyak 80 peserta pelajar dan mahasiswa dari beberapa kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Sungguh di luar dugaan kami, betapa minat generasi muda di propinsi yang lebih dikenal sebagai negeri puisi ini sangat besar terhadap penulisan cerpen.

Tiga instruktur workshop yang telah berbagi keterampilan kreatifnya adalah Joni Ariadinata, Gus TF Sakai, dan Yanusa Nugroho. Kami yakin, inspirasi kreatif yang Saudara tularkan dapat melahirkan penulis-penulis cerpen di masa depan di Kalsel. Karena itu, kami sungguh berterima kasih atas kesedian Saudara berbagi pengetahuan dan keterampilan.

Panitia KCI V akan memfasilitasi pendeklarasian Komunitas Cerpen Indonesia yang akan menjadi wadah baru bagi proses pengembangan cerpen Indonesia. Dengan demikian, kami memandang Kalsel telah menjadi bagian dari tonggak sejarah cerpen Indonesia.

Panitia ingin menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesungguhan sebagian peserta kongres yang telah menuangkan perhatian dan minat besarnya sejak pembukaan sampai penutupan KCI V ini.

Kami pun ingin berterima kasih atas dedikasi seluruh rekan-rekan panitia yang tak kenal lelah memberikan pelayanan kepada seluruh peserta KCI V baik yang berasal dari kabupaten dan kota dari Kalsel serta peserta dan pembicara dari dalam dan luar Kalsel.

Panitia telah berusaha melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Tetapi kami sendiri menyadari masih adanya beberapa ketaksempurnaan. Karena itu kami mohon maaf atas beberapa kelemahan tersebut dan kami akan menjadikannya sebagai pelajaran yang berharga. Semoga kekurangan semacam ini tidak terjadi pada penyelenggaraan KCI berikutnya di daerah lain.

Demikian laporan kami. Terima kasih atas perhatian Saudara.

(Disampaikan oleh Burhanuddin Soebely, Ketua Panitia Pengarah)

Iklan

Entry filed under: Referensi. Tags: , .

Cerpen dari Sebuah Kongres Kongres Cerpen V di Banjarmasin

3 Komentar Add your own

  • 1. muh syariat tajuddin  |  10 November, 2007 pukul 4:25 am

    trims juga buat teman-teman di banjarmasin. semoga kelak ketika kami (sulbar) akan menggelar hal yang sama seperti yang direkomendasikan pada kongres cerpen lima itu. kami dapat memperoleh bantuan dari teman-teman di banjarmasin dan seluruh peserta yang care terhadap kahasanah cerpen bahkan kesusatrean se- nusanstara yang telah punya pengalaman menggelar kegiatan serupa…

    Balas
  • 2. sandi  |  10 November, 2007 pukul 7:38 pm

    balum guring kah?

    Balas
  • 3. dik  |  10 Februari, 2009 pukul 3:14 pm

    http://www.gramator.blogspot.com…salam perjuangan hidup SPM

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,167 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: