Komunitas Cerpen Indonesia Terbentuk

3 November, 2007 at 2:42 pm 30 komentar


sumber: [http://www.radarbanjarmasin.com/berita/index.asp?Berita=Utama&id=77239]

TONGGAK sejarah baru dalam dunia penulisan cerita pendek (cerpen) baru saja ditancapkan di Bumi Lambung Mangkurat. Sebuah wadah bernama Komunitas Cerpen Indonesia telah dibentuk dan dideklarasikan dalam acara Kongres Cerpen Indonesia (KCI) V di Taman Budaya, Banjarmasin, tadi malam.

Ahmadun Yosi Herfanda (sastrawan, redaktur budaya Republika), yang terpilih sebagai Ketua Komunitas Cerpen Indonesia, sekaligus bertindak sebagai sang deklarator. “Malam ini, saya Ahmadun Yosi Herfanda selaku ketua, dengan ini menyatakan Komunitas Cerpen Indonesia telah terbentuk,” ucapnya di atas panggung di Gedung Balairung Sari Taman Budaya, tadi malam. Tepuk tangan pun bergemuruh dari para peserta KCI V yang berasal dari berbagai daerah di antaranya Lampung, Kaltim, Sulawesi Barat, Surabaya, Yogyakarta, Kupang, dan Jakarta.

Selanjutnya, Ahmadun pun memanggil para pengurus Komunitas Cerpen Indonesia untuk naik ke panggung berdiri bersamanya. Sebagai Sekretaris Jenderal Triyanto Triwikromo (redaktur Suara Merdeka, Semarang), Ketua I Zulfaisal Putera (Banjarmasin), Ketua II Agus Noor (Jawa Tengah), Ketua III Maman S. Mahayana (Jakarta), Sekretaris I Mezra (Kupang), Sekretaris II Saut Situmorang (Yogya), Bendahara I Raudal Tanjung Banua (Yogya), dan Sekretaris II Wahida Idris (Yogya).

Lebih afdal lagi, pengarang novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Ahmad pun diminta untuk membaiat para pengurus Komunitas Cerpen Indonesia ini. “Semoga saja para pengurus yang malam ini tampil dengan pakaian tidak sopan ini…” Tohari berhenti sejenak, sementara para peserta tertawa. “…dapat menjalankan tugasnya dengan baik bagi kemajuan penulisan cerpen di Indonesia,” sambung Tohari disambut tepuk tangan meriah.

Secara resmi Komunitas Cerpen Indoensia pun telah terbentuk dan dideklarasikan. Momen penting dalam sejarah kesusastraan ini sangat berarti bagi tuan rumah KCI V Banjarmasin. Sebagai ucapan selamat, Ketua Pengurus Harian Dewan Kesenian Daerah Kalsel H. Syarifuddin dan Kepala Disbudpar Drs. H. Bihman Muliansyah naik juga ke atas panggung untuk memberikan ucapan selamat kepada para pengurus.

Yang penting juga dari KCI V pada hari terakhir kemarin, adalah merumuskan program kerja yang akan direkomendasikan kepada para pengurus beserta AD/ART Komunitas Cerpen Indonesia.

Sedangkan untuk pelaksanaan KCI VI pada tahun 2010 akan dilangsungkan di Sulawesi Barat, Mamuju, yang terpilih secara aklamasi. Sejatinya, KCI VI dilaksanakan tahun 2009 sesuai agenda kongres selama ini. Namun mengingat pada tahun 2009 nanti akan dilangsungkan pemilu, maka diundur ke tahun 2010.

Pada kesempatan malam tadi juga disampaikan orasi budaya oleh Ketua Pengurus Harian Dewan Kesenian Daerah Kalsel H. Syarifuddin mewakili Ketua Umum H Rosehan NB yang berhalangan hadir. Dalam orasi yang cukup panjang, Syarifuddin sempat menyinggung tentang kearifan budaya Banjar yang masih belum banyak tersentuh dalam karya-karya cerpenis Kalsel.

Syarifuddin juga mengingatkan perlunya perhatian yang lebih lagi dari pemerintah bagi penghargaan atas karya-karya sastra daerah. “Semoga saja penghargaan atas karya sastra ini bisa menjadi pemikiran bersama, seperti memberikan honor yang layak terhadap setiap karya,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Pengarah KCI V Burhanuddin Soebely menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta, pemakalah serta pemberi materi workshop penulisan cerita pendek. “Tak lupa juga kami meminta maaf bila dalam pelaksanaan kongres ini terdapat kekurangan. Semoga ini bisa jadi pelajaran, dan tidak terulang di kongres mendatang,” ujarnya.

Sementara, Kepala Disbudpar Drs. H. Bihman Muliansyah juga menyampaikan pidato Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, yang sekaligus menutup acara Kongres Cerpen Indonesia V di Banjarmasin yang berlangsung tanggal 26-28 Oktober.

Hari ini, para peserta KCI akan kembali ke daerah masing-masing. Sampai bertemu kembali di Mamuju, Sumatera Barat! (dif)

Iklan

Entry filed under: Referensi. Tags: , .

Dengarlah, Kakek Membaca Cerpen… Kongres Cerpen Indonesia V, Dilengkapi Workshop

30 Komentar Add your own

  • 1. pitt.ismail  |  14 Oktober, 2008 pukul 11:09 am

    seneng bisa bergabung dan mengakses komunitas cerpen, bisa berbagi pengetahuan.

    Balas
  • 2. ARCHIE  |  20 Oktober, 2008 pukul 1:32 pm

    assalm’AlaiQum
    gmn yha cRa’a Bz gaBunk koMunItas Cerpen?
    Aqu suka banGetz nIE nuliz..
    Pengen GabUnk n aSah KemAmpuan SkAlyaN beLajaR.. tP G taW crA’a…
    ~__~ (hiks..)

    mohn Bantuannya..

    Balas
  • 3. nurul  |  31 Oktober, 2008 pukul 6:12 pm

    snang nih bisa liat komunitas cerpen….

    Aq sneng nulis cerpen…tapi tiap bkin sering buntu…hilang inspirasi mendadak…
    bnoleh dong minta tips-tipsnya….

    makasih…

    Balas
  • 4. nurul  |  31 Oktober, 2008 pukul 6:13 pm

    snang nih bisa liat komunitas cerpen….

    Aq sneng nulis cerpen…tapi tiap bkin sering buntu…hilang inspirasi mendadak…
    boleh dong minta tips-tipsnya….

    makasih…

    Balas
  • 5. tania farkhanita  |  7 November, 2008 pukul 2:44 pm

    aq seneng bgd nulis cerpen……gmn crnya y…gbung ama komunitas cerpen ? biar bs dpt ilmu dr senior2 yg lbih penglmn soal nulis. bleh dunkz mnt tipsnya…..

    Balas
  • 6. Ahmad Surkati AR  |  12 November, 2008 pukul 4:01 pm

    Komunitas adalah penamaan kelompok. Orang akan peduli bila nama itu menyentuh kepentingannya. Nama bisa tidak berarti bila orang merasa pernah dikecewakan, bahkan dilupakan jika tidak berkesan. Tapi nama jelek akan disebut untuk rujukan sumpah serapah. Semoga KCI tidak sekedar nama.

    Balas
  • 7. Fadil  |  18 November, 2008 pukul 8:43 am

    Hai,,
    Salam kenal…w juga suka banget nulis cerpen.Tapi w ga tau mau ngirim cerpen w kemana.tolong donk kasih tau w alamat penerbit sama info tentang lomba cerpen

    Balas
  • 8. hymunk  |  28 November, 2008 pukul 6:58 am

    basinggah satumat nah…

    Balas
  • 9. sakti  |  5 Desember, 2008 pukul 2:29 pm

    wew… kayaknya seru neeeeeh…… w jg pengen jd penulis tp itu mustahil~~~~~~~~

    Balas
  • 10. Layl  |  7 Desember, 2008 pukul 10:45 pm

    Assalamua’laikum……g mana caranya gabung?pengen banget tulisanku di baca orang bu………anyak………help me please……….thanks

    Balas
  • 11. RASID IDRUS  |  9 Januari, 2009 pukul 9:15 pm

    Assalamua’laikum AQ SERING KALI BALENK PAS BUAT CERPEN JADI G PERNAH JADI-JADI

    Balas
  • 12. Hengky irawan  |  21 Januari, 2009 pukul 5:11 pm

    bagus banget..aku jd mau belajar buat cerpen nih….mohon bagi ilmunya dong…
    terima kasih

    Balas
  • 13. sjasman  |  22 Januari, 2009 pukul 1:55 pm

    Aku nggak mudeng, kok karyanya sih yang ngumpul? Manusianya kan yang bisa berhimpun, bersosialisasi? Bagaimana kalau aku sarankan menjadi Komunitas Cerpenis Indonesia..

    Balas
  • 14. asri  |  27 Januari, 2009 pukul 5:02 pm

    gmana neh caranya gabung dengan komunitas cerpen. Please.
    Gue dah lama nyari komunitas kayak gini. thanx be4

    Balas
  • 15. ayu  |  30 Januari, 2009 pukul 7:18 pm

    saya mendengar panggilan jiwa untuk mengeksplor bakat terpendam yaitu penkajian dunia imajiner yang berwujudkan cerpen atau karya sastra yang lain,,,,
    jelas itu sudah sedang berlangsung…………..
    tapi kesulitan yang saya temui dalam menulispun semakin dalam!!!!!!!!!!!!!
    tidak masalah hal itu terjadi ketika aku berada dalam good mood tapi kalau sebaliknya gimana ya untuk recharge?

    Balas
  • 16. riri  |  31 Januari, 2009 pukul 6:06 pm

    hai,,, salam.
    aq riri,,,q pengen bisa ikutan gabung dalam komunitas ini. q jg suka nulis, yah punya lah beberapa kumpulan cerpen buwatan q sndr…tlg dbnt y utk bsa gabung.. mksh….

    Balas
  • 17. ragil  |  16 Maret, 2009 pukul 3:38 pm

    salam…
    aku suka nulis cerpen tapi sering ngalamin kesulitan, bagaimana sih caranya ikutan gabung di komunitas cerpen?dan bisa kreative nulis cerpen, batuin dong…

    Balas
  • 18. naza  |  16 April, 2009 pukul 10:41 am

    bisa di kirimin gak gmn persyaratan mau bikin cerpen

    Balas
  • 19. ajis  |  19 Mei, 2009 pukul 5:20 pm

    assalamualaikum
    leh gabung tidak?

    Balas
  • 20. muhyi  |  3 Desember, 2009 pukul 1:55 am

    salam sastra…
    saya suka sekali dengan karya-karya sastra,,
    baik itu puisi, cerpen, ataupun yang lainnya..
    mungkin untuk meluangkan sebuah karya itu saya masih bergelumit dengan buku pribadi saya,,
    bisakah komunitas ini memberi ruang ekspresi bagi seniman yang masih terpurung dalam benak pikiran atau tertulis dalam buku..
    thx a lot

    Balas
  • 21. hasbiah  |  14 Januari, 2011 pukul 3:57 pm

    gmna yach cranya bisa gabung disni,mhon jwabannya yach
    THANKS….

    Balas
  • 22. sandi kurnia budhi agung  |  16 Juni, 2011 pukul 3:14 pm

    tlonk info donk kumunitas ini mangadakan acara terdekat dmna??

    Balas
  • 23. hafida  |  2 November, 2011 pukul 1:18 pm

    pngen gabung d komunitas cerpen cz aq suka bikin cerpen gmn za crax gabung…………….

    Balas
  • 24. rosivadewi  |  15 Januari, 2012 pukul 5:53 pm

    kalo mau belajar menulis cerpen, kira2 adakah artikel yang dapat saya baca, cth: panduan mennulis cerpen 🙂 …kalo ada, minta tolong ya di share ke saya ya…

    terima kasih,

    Balas
  • 25. eko marwanto  |  7 Februari, 2012 pukul 3:24 am

    ada sedikit info lomba cerpen nih :
    http://mjeducation.co/mj-education-short-story-competition-lomba-cerita-pendek-2012/

    Balas
  • 26. subaha  |  26 Juni, 2012 pukul 1:35 pm

    Nich saya ada cerpen boleh ga ditebiti blog ini.?

    Balas
  • 27. hariesaja  |  1 Juli, 2012 pukul 6:48 pm

    @subaha: Terimakasih atas kepercayaannya, kenapa tidak membuat blog sendiri lalu menerbitkan cerpenmu itu di sana…setelah itu, kita hanya tinggal saling tukar kunjungan blog

    Balas
  • 28. supra deocean  |  31 Januari, 2013 pukul 11:05 pm

    good job.
    kunjungi juga ya blog ku di hatiyangmembaca.blogspot.com

    Balas
  • 29. Fhika  |  29 Mei, 2013 pukul 3:08 pm

    Saya sudah bnyk karya, dan lumyn brpengalamn.. bnyk tnggapn baik dari org trdekt saya untuk krya sy.
    gmn gabungnya?

    Balas
  • 30. Alfonzo  |  9 Juni, 2013 pukul 7:05 am

    Does your blog have a contact page? I’m having a tough time locating it but, I’d like to shoot you an e-mail.

    I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing. Either way, great site and I look forward to seeing it expand over time.

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 287,195 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

RSS Berita Banjar

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: