Tegangan Listrik Naik -Turun

29 September, 2011 at 12:13 pm 5 komentar


Saya tidak begitu paham soal setrum, pun takut kesetrum. Tulisan ini hanya ingin mempertanyakan, kenapa tegangan listrik di tempat saya naik-turun?

Entah kenapa saya merasa hidup di Indonesia ini begitu susah. Pasokan listrik tidak beres. Pendistribusian air ledeng sering bermasalah. Jalanan rusak-rusak. Parkir liar ada dimana-mana. Layanan internet cuma menang di iklan. Pokoknya, susah! Belum lagi soal koruptornya. Tambah, susah.

Kembali ke soal listrik. Sudah dua minggu terakhir, tegangan listrik di rumah saya naik turun. Sangat terasa sekali ketika menjelang petang. Lampu menjadi redup. Kulkas ngos-ngosan. Komputer tak bisa nyala. Kalau dihitung-hitung, dengan daya 900 Watt, harusnya itu tidak terjadi.

Begini, kawan. Keluhan ini sebenarnya juga banyak dialami warga di Banjarbaru. Bahkan ada yang nekat mengadu ke PLN setempat karena kulkas dan motherboard komputernya rusak akibat tegangan listrik naik turun.

Setiap menjelang petang, saya teringat kembali pada tahun 1980’an. Rumah menjadi suram karena kurang pencahayaan. Entah apa masalahnya. Tapi terang saja peristiwa tegangan listrik naik-turun saya mengganggu, terlebih perangkat elektronik di rumah. Saat ini memang belum ada yang rusak, tapi jika belajar dari hukum sebab-akibat, kelak – akumulasi dari seringnya tegangan listrik naik turun di wilayah Banjarbaru akan mengakibatkan kerusakan.

Apakah tulisan ini salah satu bentuk protes? Oh, tidak, kawan. Ini hanya sebentuk keprihatinan. Jika ingin negara ini hebat, maju dan berhasil, maka dulukanlah kepentingan warga dan masyarakatnya. Jika masalah tegangan listrik naik – turun akibat peralatan yang kurang memadai, segeralah mencadangkan anggaran pembaruan alat. Kan biayanya mahal?

Sebenarnya, Indonesia itu kaya meskipun hutangnya dimana-mana. Ironis, bukan? Indonesia itu mampu kok melayani masyarakatnya dengan baik apabila kekayaan Indonesia itu sendiri dialokasikan pada tempatnya. Tapi kenyataan bicara lain. Begitu banyak koruptor di Indonesia ini dan luar biasa sulitnya memberikan hukuman kepada mereka. Padahal, titik masalahnya ada pada koruptor. Saya berani menjamin, di sebuah negeri yang tumbuh subur koruptornya, maka di negeri itu akan mengalami kebangkrutan, kemunduran dan ketidakberdayaan.

Jadi, selama di televisi, radio dan surat kabar masih ramai membicarakan banyaknya koruptor di nusantara ini, dijamin, hal-hal yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak, pelayanan kepada warga negaranya tidak akan berdaya. Duitnya habis dikorupsi dan siap-siap ngutang lagi dan dikorupsi lagi. Entahlah, saya sudah jenuh!

About these ads

Entry filed under: Umum. Tags: , .

Blogpreneur, Bukti Gara-Gara SEO Trafik Naik Uraian Bebas Jurnalisme Warga

5 Komentar Add your own

  • 1. Agen Pulsa Listrik Prabayar  |  29 September, 2011 pukul 1:32 pm

    tegangan yang naik turun memang bisa sangat berpengaruh pada keawetan alat listrik kita

    Balas
  • 2. Agen Pulsa Listrik Prabayar  |  29 September, 2011 pukul 1:37 pm

    palagii kalo listrik PLN byar pet – byar pet

    Balas
  • 3. P4ngeran Mud4p  |  1 Oktober, 2011 pukul 5:34 pm

    kEPALSUAN
    SEMUA PALSU
    GURU PALSU
    MENHASILKAN PALSU
    MENTRI PALSU, PRESIDEN PALSU, JENDRAL PALSU, PEJABAT PALSU, PETANI PALSU PEKERJA PALSU, SIDANG PALSU, RAPAT PALSU, SEMINAR PALSU KEADILAN PALSU SEMUA DI REKAYASA KEHANCURAN BANGSA N NEGARA DI DEPAN PINTU KEHANCURAN. HANYA KEJUJURAN DAN KEGIGIHAN MEMPERJUANGKAN KEADILAN AKAN TERCIPTA KEMAKMURAN KESEJAHTERAAN KEADILAN KEAMANAN YANG DI HARAPKAN!!!

    Balas
  • 4. Leo  |  28 Juni, 2012 pukul 3:27 pm

    bisa juga karena masyarakat sekitar nya mencuri listrik, sehingga kehilangan daya !! Pejabat memang korup, sampai ke masyarakat lapisan terbawah mencuri listrik, ini cuma salah satu contohnya saja !!

    Balas
  • 5. cahyateamz  |  20 Juli, 2012 pukul 6:48 pm

    beberapa hari yg lalu saya pindah kontrakan.yang kebetulan pakai listrik prabayar. selesai beres2 saya coba colokin kulkas eh selang berapa menit ncb nya turun. saya coba naikin lg tetep turun jg.waduh jngan2 kulkas saya yg rusak, padahal beli blm ada setahun.akhirnya kulkas saya cabut.saya coba nyalain tv jeglek ncb langsung turun, pdhl tv cm 21″ ma lampu 1 yang nyala masa turun.setelah ncb saya on kan lg tv bs nyala.selang beberapa hari saya pengin nyetel musik via tape deck, ternyata ga bisa nyala.. cm bisa standby doang.. huffh parah amat,, pdhal d kontrakan sblumnya yg masih pakai listrik pasca bayar,smua peralatan elektonik saya normal2 aja.

    anehnya kontrakan di samping kiri kanan saya tidak mengalaminya,padahal peralatan elektronik yg di gunakan tidak jauh berbeda.

    apakah saat intalasi petugas tidak memastikan bahwa instalasi sudah benar dan sesuai standar, baik voltase daya nya??

    Balas

Tinggalkan pesan sesuai konteksnya:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia
Komunitas Blogger Kalimantan Selatan Ensiklopedi Borneo Kalimantan

Kata Bijak Selamanya

"Mencoba Mengumpulkan Yang Berserak, Karena Ide Tak Sekedar Dalam Pikiran. Melainkan Lewat Tulisan!! “Semua harus ditulis. Apa pun jangan takut tidak dibaca atau diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna"Pramoedya Ananta Toer"

Arsip

Kategori

Twitter Terbaru

Statistik:

  • 248,951 Kali Mendapat Kunjungan
Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Fotografi

IMG_9999

IMG_9997

IMG_9982

More Photos

RSS ClickBorneo.Com

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: